Pemanfaatan Satu Akses Data Masih Minim

Kepala Bappeda-Litbang Kota Palembang Harrey Hadi

Palembang, Sumselupdate.com-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Palembang telah mengembangkan Geoportal.palembang.go.id sudah cukup lama. Namun, pemanfaatan satu peta dalam satu akses Geoportal terbilang masih minim.

Kepala Bappeda-Litbang Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan, padahal, penggunaan Geoportal dapat sangat memudahkan masyarakat Kota Palembang maupun luar Kota Palembang bila ingin mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Menurutnya, dalam satu akses tersebut seluruh data/peta informasi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Palembang yang disajikan.

“Makanya, kami juga terus mengharapkan dukungan dari OPD agar selalu mengupdate data-data. Karena semua ada kaitannya bagi pembangunan Kota Palembang. Terlebih bagi investor yang ingin melirik Kota Palembang bila ingin investasi, tentu perlu melihat ini,” ungkap dia.

Selain itu, tidak hanya sebagai jaring simpul Kota Palembang, dimana ada ratusan peta yang telah dimasukkan, sehingga jika ada yang ingin memanfaatkan peta tersebut baik itu untuk bisnis, perencanaan dan lainnya itu bisa memanfaatkan Geoportal Kota Palembang.

“Nantinya, seluruh data akan bermuara ke Kominfo. Merekalah yang akan menjadi corong informasi dan bank data bagi masyarakat,” ujarnya.

Harrey menambahkan, seluruh data yang terintegrasi akan menunjukkan transparansi dari kebijakan dan pelaksanaan yang dilaksanakan pemerintah.

“Semua pembangunan yang terjadi di setiap daerah, tak terkecuali bagi Kota Palembang perlu sinkronisasi dengan Pemerintah pusat. Dan keberadaan Geoportal akan mendukung hal itu,” katanya.

Dalam prosesnya, butuh waktu untuk mematangkan akses Geoportal yang dibangun dengan badan informasi geospasial sampai menjadi Geoportal.

“Jadi kami berharap mereka dapat memanfaatkannya, apakah itu untuk informasi peta jalan, jaringan jalan, sebaran SD, Rumah Sakit, sungai sampai ke data kependudukan dan UMKM semuanya ada,” jelasnya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.