Pelaku Ternyata Hendak Meledakkan Diri di Masjid Nabawi

Sumber media sosial (detikcom)

Madinah, Sumselupdate.com  -Pelaku bom bunuh diri ternyata hendak meledakkan diri di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Namun aksinya berhasil digagalkan pasukan keamanan.

Pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, pasukan keamanan mencurigai seorang pria yang melangkah cepat menuju Masjid Nabawi di lokasi parkiran pos keamanan. Pria itu pun coba dihentikan pasukan keamanan.

Bacaan Lainnya

“Ketika mereka mencoba untuk menghentikannya, ia meledakkan dirinya dengan sabuk peledak yang menyebabkan kematiannya, dan kematian empat personel keamanan,” kata pernyataan pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dilansir AFP, Selasa (5/7).

Pihak Kementerian Arab Saudi menambahkan, selain 4 orang pasukan keamanan tewas, 5 orang pasukan keamanan lainnya menjadi korban luka-luka.

Seluruh korban adalah anggota pasukan darurat khusus Arab Saudi yang dijalankan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Ledakan akibat bom bunuh diri di Madinah ini terjadi di parkiran markas keamanan di dekat Masjid Nabawi pada Senin (4/7) waktu Arab Saudi. Ledakan terjadi saat magrib, ketika umat Islam tengah berbuka puasa. Selain di sini, serangan bom bunuh diri di hari yang sama juga terjadi di Qatif dan Jeddah.

Sementara itu, seorang petugas keamanan menceritakan kepada Arab News bahwa petugas penjaga pos tengah menikmati santapan berbuka puasa sebelum pelaku melancarkan aksi bom bunuh dirinya.

Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya sang pelaku sempat meminta untuk bergabung dengan para petugas untuk berbuka puasa bersama. Para petugas merimanya dengan senang hati. Namun saat berjalan mendekati mereka, dirinya langsung meledakkan rompi yang diduga kuat merupakan bom.

Sosok yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di kompleks Masjid Nabawi itu lenyap dalam kobaran api dan kepulan asap akibat ledakan.

Jaringan TV lokal Arab Saudi, Al- Arabiya juga memberikan laporan awal bahwa ledakan tersebut sejauh ini telah menewaskan 3 orang yaitu, sang pelaku pemboman beserta dua petugas keamanan yang pada saat itu ada di lokasi kejadian.

Laporan tersebut diberikan oleh seorang petugas keamanan yang mengaku telah melihat sosok sang pelaku pemboman di luar Masjid Nabawi.

Namun Gulf News Saudi Arabia mengatakan ada perkembangan baru terkait jumlah orang yang tewas dalam peristiwa tersebut. Kini jumlah korban sudah menjadi total 6 orang yaitu, 4 petugas keamanan dan 2 warga sipil. (hyd)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.