Pelaku Perampokan Ternyata Mantan Satpam Bank BRI Pagaralam

Tim Libas Polres Pagaralam mengamankan tersangka Hendro Kurniawan (duduk di bagian depan).

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Pelaku perampokan kantor cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pagaralam, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Jumat (16/7/2021) sekitar pukul 12.15 WIB, akhirnya berhasil ditangkap.

Bacaan Lainnya

Tersangka perampokan itu adalah Hendro Kurniawan (34), ternyata mantan satpam di kantor Cabang BRI Pagaralam.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara melalui Kasat Reskrim AKP Najamudin, SH kepada Sumselupdate.com, Senin (19/7) mengatakan, jika tersangka Hendro Kurniawan sudah mengundurkan diri dari kantor Cabang BRI Pagaralam empat bulan sebelum aksi perampokan.

AKP Najamudin mengatakan, dari pengakuan tersangka, jika alasan pengunduran diri dari tempatnya bekerja itu, karena kebutuhan banyak dan ingin berkebun bawang.

Menurut AKP Najamudin, jumlah uang yang berhasil dirampok Hendro Kurniawan sebesar Rp48 juta.

Di mana dari hasil jarahannya itu, dari pengakuan pelaku, Rp38 juta sudah dihabiskan untuk bermain judi online.

Sedangkan sisa Rp10 juta masih berada di dalam buku tabungan pelaku.

Sebagaimana diketahui, tersangka Hendro Kurniawan diringkus Tim Libas Polres Pagaralam yang dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Najamudin, SH.

Kasat Reskrim Polres Pagaralam AKP Najamudin, SH.

Hendro Kurniawan diringkus di tempat persembunyiannya di rumah kerabatnya yang berada di Pasar Panorama Bengkulu, Minggu (18/7/2021), sekitar pukul 13.30 WIB.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara melalui Kasat Reskrim AKP Najamudin, SH mengatakan, penangkapan pelaku perampokan ini berkat hasil penyelidikan dan identifikasi petugas.

Dari hasil penyelidikan dan identifikasi tersebut, Tim Libas Polres Pagaralam mengarah ke nama Hendro Kurniawan.

Kasat mengatakan, untuk melakukan penangkapan ini, petugas melakukan upaya persuasif dengan mendekati serta mengimbau pihak keluarga agar tersangka menyerahkan diri saja.

Pendekatan persuasif dari petugas ini cukup efektif. Pada Minggu (18/7) pagi, pihak keluarga menelpon petugas untuk menjemput pelaku di tempat persembunyiannya di Bengkulu.

Dari penangkapan itu, menurut AKP Najamudin, petugas mengamankan barang bukti sepeda motor Honda Supra milik pelaku dalam melancarkan aksi, kartu ATM, tas hitam, celana jeans, ikat pinggang, dan sepatu boot.

Tersangka Hendro Kurniawan (baju merah) dilakukan pemeriksaan usai diringkus di tempat persembunyiannya di rumah kerabatnya di Pasar Panorama Bengkulu, Minggu (18/7/2021) siang.

Sedangkan senjata tajam berupa parang dan helm, dibuang pelaku ke dalam sungai.

Atas perbuatannya, menurut Kasat, tersangka Hendro Kurniawan dijerat dengan Pasal 365 pencurian kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.