Pelaku Pembajakan Pesawat Seif El Din Mustafa Menyerahkan Diri

Penumpang yang disandera dibebaskan (REUTERS)

Larnaca, Sumselupdate.com – Pembajakan pesawat maskapai Mesir, EgyptAir, di Siprus yang banyak memicu kekhawatiran, telah berakhir. Pelaku akhirnya menyerahkan diri kepada otoritas setempat di bandara Larnaca.

Dilaporkan televisi nasional Siprus, seperti dilansir detikcom dari Reuters, Selasa (29/3), pelaku pembajakan terlihat keluar dari dalam pesawat dengan tangan diangkat ke udara.

Read More

Pelaku sebelumnya memaksa pesawat rute domestik Alexandria-Kairo ini mendarat di Bandara Internasional Larnaca, Siprus.

“Sudah berakhir,” sebut Kementerian Luar Negeri Siprus melalui akun Twitternya.

Secara terpisah, seperti dilansir AFP, juru bicara pemerintah Siprus, Nicos Christodoulides, menyatakan pelaku pembajakan pesawat jenis Airbus 320 itu telah ditangkap otoritas setempat. “Pembajak telah ditangkap,” ucap Christodoulides juga melalui akun Twitter-nya.

Sekitar empat awak dan tiga penumpang yang sebelumnya dilaporkan masih disandera, telah dibebaskan secara bertahap.

Tayangan televisi Siprus, Cypriot Broadcasting Corporation, menunjukkan sejumlah orang berangsur-angsur keluar dari dalam pesawat.

Pelaku pembajakan diidentifikasi oleh jurubicara kepresidenan Mesir, Alaa Yousef, sebagai Seil El Din Mustafa yang seorang warga negara Mesir. Motif pembajakan ini belum diketahui pasti.

Namun Presiden Siprus Nicos Anastasiades sebelumnya menyebut pembajakan pesawat ini didasari motif pribadi.

“Pembajakan ini tidak terkait terorisme,” ucapnya dalam konferensi pers bersama Presiden Parlemen Eropa, Martin Schultz, yang sedang berkunjung ke Siprus.

Sebelumnya, otoritas Mesir meralat nama pelaku pembajakan pesawat maskapai EgyptAir di Siprus. Dari yang tadinya pelaku disebut sebagai Ibrahim Samaha, otoritas Mesir kini menyatakan pelaku sebenarnya bernama Seif El Din Mustafa.

Dituturkan juru bicara kepresidenan Mesir, Alaa Yousef, kepada CNN, pelaku pembajakan pesawat jenis Airbus 320 itu bukanlah Samaha seperti yang disebutkan sebelumnya.

Dituturkan juru bicara kepresidenan Mesir, Alaa Yousef, kepada CNN, pelaku pembajakan pesawat jenis Airbus 320 itu bukanlah Samaha seperti yang disebutkan sebelumnya.

Yousef sendiri yang awalnya menyebut pelaku pembajakan bernama Ibrahim Samaha.

Belakangan, dia meralat pernyataannya dan menyebut pelaku pembajakan diidentifikasi sebagai Seil El Din Mustafa yang seorang warga negara Mesir.

Pelaku membajak dan memaksa pesawat rute domestik Alexandria-Kairo itu untuk mendarat di Bandara Internasional Larnaca, Siprus. Media Siprus CYBC melaporkan dugaan adanya motif pribadi di balik aksi pembajakan ini dan menyebut pelaku memiliki seorang mantan istri di Siprus.

Sejumlah saksi mata juga menuturkan, pelaku sempat melemparkan sebuah surat ke apron bandara di Larnaca dan meminta surat tersebut dikirimkan kepada mantan istrinya, yang merupakan warga Siprus. Tidak diketahui apa isi surat yang ditulis dalam bahasa Arab tersebut. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.