Pekerja Lulusan SD Sampai 1,7 Juta

Penulis: - Selasa, 21 November 2023
Kepala BPS Sumsel, Moh Wahyu Yulianto.

Palembang, sumselupdate.com – Mulai Agustus 2023, sebanyak 1,7 juta atau 39,68 persen pekerja di Sumatera Selatan didominasi lulusan Sekolah Dasar (SD).

“Jika dibandingkan dengan tingkatan pendidikan lainnya, presentase penduduk bekerja pada tingkatan SD ke bawah memiliki angka lebih tinggi,” ungkap Kepala BPS Sumsel, Moh Wahyu Yulianto, Selasa (20/11/2023).

Wahyu merinci, jumlah penduduk bekerja nomor dua tertinggi didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 1 juta orang dengan persentase 24 persen. Disusul Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 748 ribu orang atau 17,02 persen.

Selanjutnya, lulusan universitas berada di posisi keempat dengan total 407 ribu orang atau sekitar 9,27 persen. Sedangkan urutan berikutnya ada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di angka 347 ribu orang atau 7,91 persen.

“Penduduk bekerja yang berasal dari Diploma I/II/III sebesar 93 ribu orang atau sekitar 2,12 persen,” katanya.

Baca juga : BPS Sumsel Mulai Verifikasi Kependudukan

Meski begitu, pada 2022 lalu, jumlah pekerja dengan latar pendidikan SD terus mengalami penurunan sekitar 42,41 persen. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.