PCM Gelumbang Bersana IMM, Adakan Pengajian Bulanan Muhamadiyah

Foto bersama usai kegiatan kajian rutin bulanan dengan narasumber dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan.

Muaraenim, Sumselupdate.com – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gelumbang mengadakan kajian rutin bulanan dengan narasumber dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan, Dr Ir Mukhtarudin Muchsiri, MP, Minggu (23/8/2020) di Ruang Rumah Baca Masyarakat PCM Muhamadiyah Gelumbang. Adapun kajian rutin bulanan kali ini mengambil tema tentang “Penguatan Kader Terhadap Dinamika Didalam Sosial Masyarakat”.

Supri N Isnaini ketua panitia pelaksana mengatakan dalam laporannya saat pembukaan acara ini mengatakan bahwa kajian bulanan ini merupakan agenda yang dilakukan rutin oleh PCM Gelumbang didalam mensiarkan ajaran Islam serta memperkaya ilmu pengetahuan serta memperdalam ilmu fiqih.

Bacaan Lainnya

“Kajian rutin bulanan kali ini mengambil tema : Penguatan ideologi Muhammadiyah Kader Persyarikatan Dalam Menghadapi Dinamika Sosial Masyarakat. Dan dengan adanya kajian ini yang diharapkan nantinya kader persyarikatan semakin kuat dalam menghadapi persepsi maksyarakat yang begitu banyak mengaggap salah tentang Muhammadiyah yang sebenarnya,” ungkapnya.

Lanjut Supri kajian kali ini juga dilakukan atas kerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

“Kajian ini juga diadakan atas kerjasma dengan IMM yang merupakan Organisasi Otonom dari Muhammadiyah itu sendiri, dan IMM juga menggandeng Merah Marun Movement (MM Movement) yang merupakan lembaga yang berada di bawah IMM tersebut yang salah satu gerakannya adalah membagikan bantuan sosial berupa nasi kepada masyarakat yang membutuhkan,” urainya.

Sementara itu Ketua Umum PCM Gelumbang, Sumantaya dalam sambutannya berharap kajian seperti ini akan rutin dilaksanakan setiap bulannya hingga terus mampu menegakan syiar Islam.

“Sudah lama sekali PCM Gelumbang ini tidak ada kegiatan sehingga lebih terlihat seperti vakum, ini menjadi hal yang baik dan berharap nantinya kegiatan seperti ini akan terus berlanjut,” pungkasnya.

Dalam acara ini dihadiri oleh beberapa tamu dan peserta kajian yang berasal dari berbagai macam latar belakang dan instansi, termasuk dari PDM Kota Prabumulih dan PDM Ogan Ilir.

Setelah pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi. Dalam materi tersebut Dr Ir Mukhtarudin Muchsiri, MP menekankan bagaimana cara agar perjuangan dalam persyarikatan tidak stagnan ketika menghadapi dinamika sosial masyarakat yang begitu beragam.

“Yang perlu diluruskan adalah Muhammadiyah itu adalah suatu organisasi bukan lah aliran apalagi agama,” ungkapnya ketika menyampaian materinya.

Lebih lanjut Mukhtarudin mengatakan toleransi antar umat beragama itu penting, tetapi toleransi juga ada batasannya dan tidak semua bentuk dalam beragama bisa kita toleransi.

“Kita tetap perlu yang namanya toleransi itu, tetapi jangan terlalu apatis. Maka perlunya mengutakan ideologi bagi kader-kader persyarikatan,” tegasnya. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.