PATEN Diterapkan, Perizinan Bisa Diurus di Kantor Camat

Kamis, 25 Februari 2016
Walikota Palembang Harnojoyo meresmikan penerapan PATEN seluruh Kecamatan se-Kota Palembang di kantor Camat Sematang Borang, Kamis (25/2).

Palembang, Sumselupdate.com -Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang resmi menerapkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) se-Kota Palembang. Persemian Paten dilakukan di kantor Camat Sematang Borang. Dengan telah diterapkannya pelayanan Paten di Kecamatan maka beberapa permohonan izin dapat diurus di kantor kecamatan.

“Penerapan paten ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan diberlakukannya pelayan paten ini maka akan mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan,” ungkap Walikota Palembang Harnojoyo, usai membuka secara resmi penerapan PATEN seluruh Kecamatan se-Kota Palembang, Kamis (25/2).

Bacaan Lainnya

Harno menjelaskan, ada sembilan izin yang bisa diurus di kecamatan, jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kantor PTSP untuk mengurus izinnya.

“Antara lain ada perizinan Gangguan Ringan (IGR) dan Surat izin usaha perdagangan. Masih banyak lagi perizinan yang bisa diurus melalui kecamatan,” kata dia.

Harnojoyo juga memerintahkan seluruh camat untuk membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas dalam pelayanan Paten tersebut.

“Seluruh Camat SOP nya harus jelas, jika suatu izin usaha selesai dalam waktu empat hari, maka harus tepat waktu jangan sampai lebih dari empat hari, kita sebagai aparatur pemerintahan pertugas untuk melayani masyarakat, berikan pelayan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Palembang, Betul Kurniawan menjelaskan, ada sembilan jenis perizinan yang ada bisa diurus di Kantor Camat.

“Sembilan jenis izin tersebut yaitu Izin Gangguan Ringan (IGR), Surat izin usaha perdagangan, tanda daftar perusahaan, izin pemakaman jenazah, izin pemotongan hewan, izin operasional salon kecantikan, izin operasional pemangkasan rambut, izin operasional panti pijat urut tradisional, dan izin penyelenggaraan reklame insidental” singkatnya. (fzn)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.