Pasien Positif Corona ke-17 Asal Sumsel Terinfeksi Corona Usai Pulang Dari Batam

Kamis, 9 April 2020
Virus Corona

Palembang, Sumselupdate.com – Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, Prof Yuwono mengatakan, jika kasus positif Covid-19 atau virus Corona telah bertambah menjadi 17 pasien.

“Untuk yang 17 berjenis kelamin perempuan dengan usia 55 tahun, asal Kota Palembang dengan kasus import. Artinya pasien itu bukan transmisi lokal karena memiliki riwayat perjalanan pernah bepergian ke Batam,”katanya

Bacaan Lainnya

Dirinya mengungkapkan pasien saat ini sedang dirawat Rumah Sakit Mohammad Housein (RSMH) Palembang dan dalam keadaan stabil.

“Sejauh ini pasien positif Covid-19 dalam kondisi stabil. Secara umum tidak ada yang memerlukan alat bantu nafas dan tidak berada di ruang ICU, tapi mereka semua berada di ruang isolasi,” tambah dia.

Sedangkan untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1.899 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 19 orang.

“Kondisi 14 pasien positif virus Corona itu secara umum sudah stabil dan tidak perlu alat bantu pernapasan,” ujarnya.

Pihaknya memastikan satu daerah di Sumsel telah ditetapkan zona merah yakni Kota  Prabumulih.

Sedangkan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan empat kasus dan Kota Palembang lima kasus belum ditetapkan sebagai zona merah.

“Kami masih terus menelurusi riwayat pasien positif virus korona ini, apabila nanti ditemukan kasus transmisi lokal dari dua wilayah itu kemungkinan akan menyusul ditetapkan menjadi zona merah,” tutupnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 di Sumsel, dr Achmad Zen mengatakan, satu pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona dinyatakan sudah sembuh.

Satu PDP Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut berjenis kelamin perempuan berumur 52  tahun. Ia merupakan warga Palembang dan pasien positif nomor 12.

Sementara 15 pasien positif Corona lainnya masih terbanyak dari Kota Prabumulih yakni lima orang.

Di mana pasien pertama merupakan dokter asal Kota Prabumulih dinyatakan telah meninggal dunia.

Sedangkan empat pasien pasien lainnya terdata pada Senin 23 Maret 2020 satu orang dan tiga orang lainnya dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (3/4/2020).

Tiga orang asal Prabumulih ini masing-masing perempuan 42 tahun status kasus lokal, pria 62 tahun status kasus lokal, dan perempuan 60 tahun status kasus lokal.

Terbanyak kedua ditempati Kota Palembang yakni empat orang. Kasus pertama sudah meninggal dunia. Sedangkan dua orang terdata pada Kamis, 3 April. Sedangkan satu pasien lainnya terdata hari ini.

Ketiga pasien itu adalah perempuan 36 tahun status kasus impor, pria 44 tahun dari Jakarta punya keluarga di Palembang, status kasus impor, dan laki-laki berumur 40 dari Palembang kasus impor.

Urutan ketiga ditempati Kabupaten OKU yakni sebanyak tiga pasien. Ketiganya adalah yang pertama mantan pejabat eselon II di Kabupaten OKU.

Pria berinisial HS yang berasal Desa Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, saat ini sudah masuk ruang isolasi RSMH Palembang.

Dua lainnya terdata hari ini, yakni perempuan berusia 54 tahun status kasus lokal dan perempuan berumur 61 tahun status kasus lokal.

Pada urutan keempat yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sebanyak dua orang. Pasien pertama dari OKI terdata pada Senin, 23 Maret dan satu lagi terdata kemarin yakni jenis kelamin perempuan berusia 20 tahun status kasus impor atau dari luar Sumsel.

Sedangkan Kota Lubuklinggau menempati urutan terakhir yaitu pria berusia 28 tahun dengan status impor karena memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. (ron)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.