Panwaslu Kecamatan Gelumbang Gelar Bimtek Pengawas TPS Pemilu 2024

Penulis: - Selasa, 13 Februari 2024
Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Gelumbang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pengawas Tempat Pemungutan dan Penghitungan Suara (PTPS).

Gelumbang, Sumselupdate.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Gelumbang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pengawas Tempat Pemungutan dan Penghitungan Suara (PTPS) di Aula Kantor Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan pada Selasa (13/2/2024).

Acara dihadiri Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) Kecamatan Gelumbang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gelumbang dan seluruh anggota Pengawas TPS (PTPS) dari Kelurahan dan Desa Kecamatan Gelumbang.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para Pengawas TPS, dalam melakukan pengawasan baik dari tahapan pencoblosan sampai tahap perhitungan suara dengan akurat, dengan narasumber pembawa materi oleh Ahyaudin S.Sos dari PPK Gelumbang.

Ketua Panwascam Gelumbang Zakaria yang sempat dibincangi Sumselupdate.com menjelaskan, jumlah peserta bimtek ini sebanyak 169 orang dengan pembawa materi dari PPK Kecamatan Gelumbang dan dari Panwascam Gelumbang, para peserta diberikan penjelasan mendalam mengenai prosedur perhitungan suara yang benar, termasuk penghitungan suara sah, suara tidak sah, dan penggunaan formulir C1-hasil.

Sambungnya, bimtek ini sangat penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilihan umum, dengan pemahaman yang baik tentang pemilihan dan perhitungan suara, para pengawas TPS dapat memastikan bahwa setiap suara yang masuk dihitung dengan benar dan hasilnya dapat terdeteksi secara akurat, hal ini akan membantu mencegah terjadinya kondisi atau manipulasi hasil pemilihan.

Baca juga : PPK Gelumbang Serahkan Logistik ke PPS

Masih kata Zakaria, Bimtek Pengawas TPS yang diselenggarakan oleh Panwaslu Kecamatan Gelumbang ini, merupakan langkah penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilihan umum, melalui pemahaman yang baik tentang pemungutan suara dan penghitungan suara, para pengawas TPS dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan memastikan bahwa hasil pemilihan benar-benar akurat, diharapkan pemilihan umum di Kecamatan Gelumbang dapat berjalan dengan lancar, adil dan tidak ada kendala apapun. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.