Panitia Pilkades, Jangan Mau Diintervensi

Suhardiman.

Muratara,Sumselupdate.com – Sejak dimulainya tahapan pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Kepala Desa (Kades) pada Pemilihan Kades (Pilkades) serentak Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), tanggal 29 Mei 2016 hingga tanggal 11 Juni 2016 lalu, tercatat ada 236 nama yang mendaftar.

Tepat pada hari ini (kemarin,red), seluruh berkas nama-nama tersebut akan diverifikasi oleh tim Pilkades Kabupaten, sesuai jadwal yakni verifikasi berkas oleh panitia kabupaten yang dimulai tanggal 21-29 Juli 2016.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, tim kabupaten melaksanakan rapat untuk persiapan verifikasi dan pembagian tugas, di ruang rapat Bina Praja Setda Kabupaten Muratara, dipimpin oleh Asisten I Setda Muratara Riswan Effendi didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Muratara, Suhardiman, dengan anggota tim dari berbagai instansi dan bagian Setda seperti Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan (Dinkes), Bagian Hukum dan Organisasi dan instansi lainnya.

Asisten I Riswan Effendi meminta kepada tim pemkab untuk melaksanakan tugas dengan profesional, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tufoksi) karena Pilkades ini sangat sensitif. Bisa saja dipelintir karena sarat dengan kepentingan politis.

“Jangan ada permainan dan juga para panitia Pilkades jangan mau diintervensi oleh calon Kades serta harus netral tidak ada sistem memihak satu sama lain, “pintanya

Begitu juga dengan proses verifikasi pemberkasan, mulai dari identitas diri seperti KTP dan surat keterangan domisili.

“Termasuk juga dengan penggunaan KTP baik eletronik dan juga KTP manual lihat dari server komputer Disdukcapil, sudah berapa bulan berdomisili, dengan diperkuat surat keterangan dari pemerintah desa. Begitu juga dengan ijazah sekolah, karena ada ijazah paket, untuk menentukan harus secara faktual mendatangi langsung atau menghubungi pihak yang mengeluarkan atau dinas melalui telpon”.

“Kemungkinan hanya melalui telpon, karena kalau mendatangi langsung tidak ada dana. Jika pelaksanaan sudah sesuai, nantinya barulah tim yang akan menentukan. Apakah layak atau tidak untuk menjadi calon Kades,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Hukum dan Organisasi Effendi Aziz, meminta dalam penentuan verifikasi ada indikator atau pembagian tugas sesuai dengan bidang masin-masing.

Senada dikatakan Sekretaris Inspektur Romsul Panani, juga meminta agar ada pengamanan berkas di sekretariat, biar terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk sekretariatan harus diberi penjagaan, jangan sampai berkas dari kecamatan cukup, tapi terjadi pada saat di kabupaten kurang, sebagai antisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPMPD Muratara Suhardiman menyampaikan agar verifikasi identitas KTP Manual (bukan elektronik), begitu juga surat keterangam domisili yang lebih tahu orang desa itulah sehingga harus ada surat keterangan dari Kadus dan mengetahui Kades.

“Kami berharap tim bekerja profesional, walaupun ada perbedaan pendapat tapi janga dibawa ke luar, karena mengandung resiko bagi tim,” pintanya.

Untuk teknis verifikasi pemberkasan nantinya akan diserahkan kepada instansi terkait. Misal, untuk ijazah akan diserahkan ke Disdukcapil, di bidang kesehatan, calon harus mengecek di RSUD Rupit Kabupaten Muratara, tapi tetap nanti hasilnya kepada tim pemkab.

“Kita jangan mempersulit calon, tapi tetap mempunyai patokan dan standar, seandainya ada berkas calon yang kurang, tentunya harus memberikan waktu untuk melengkapinya. Kita boleh kaku, tapi harus ada solusi,” terangnya.

Untuk tes narkoba bagi calon, belum ditentukan karena masih menunggu petunjuk Bupati dan Wakil Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dan H Devi Suhartoni, apakah nanti di BNN provinsi, atau BNN Kota Lubuklinggau.

Selanjutnya untuk desa yang calonnya lebih dari 5 maka akan diberikan tes tambahan , yakni tertulis dan wawancara.
“Teknis bagaimana soal tertulis nanti akan dibahas lebih lanjut, yang pasti soalnya nanti akan dijamin kerahasiaannya,” jelasnya. (Ain)‎

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.