Pajak Kendaraan Bermotor Masih Menjadi Andalan Pendapatan Sumsel Tahun 2020

Kamis, 27 Juni 2019
Wakil Ketua DPRD Sumsel M Yansuri

Palembang, Sumselupdate.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini menunggu penyerahan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumsel tahun 2020.

Meski belum disampaikan oleh Pemprov Sumsel untuk dibahas di DPRD Sumsel, namun DPRD Sumsel dapat memprediksi jika akan ada peningkatan nilai pada APBD Sumsel khususnya dari sektor pendapatan daerah.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DPRD Sumsel M Yansuri memprediksi ABPB Provinsi Sumsel 2020 akan terjadi peningkatan. Peningkatan itu dikarenakan ekonomi masyarakat yang sudah sedikit membaik sehingga daya beli pun ikut membaik.

“Besarnya belum tahu, tapi pasti tetap akan ada peningkatan, besar kecil belum tahu. Sekarang inikan sektor ekonomi kita sudah membaik jadi ada pengaruh dari situ,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/6/2019).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, diungkapkan politisi Golkar ini, sektor yang selalu menjadi andalan provinsi Sumsel dalam peningkatan APBD yakni dari pajak kendaraan bermotor.

Meski ada juga pendapatan dari sektor lainnya, tapi tidak sebesar dari sektor pajak kendaraan bermotor ini.

“Tidak dipungkiri ya, kita masih mengidolakan pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor. Tapi sektor pertanian, termasuk tambang dan sebagainya juga ikut membantu dalam peningkatan pendapatan kita,” ungkap Yansuri.

Ketika ditanya mengenai fokus penggunaan anggaran APBD tahun 2020, dijelaskan Yansuri, pada tahun 2020 Sumsel akan lebih fokus dalam peningkatan bidang pendidikan, kesehatan, infastruktur dan keamanan.

Keempat bidang ini menjadi fokus dikarenakan bidang yang bersentuhan dengan masyarakat secara langsung dan dampaknya pun dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kalau empat sudah berjalan, katakanlah setengah sempurna sudah lumayan. Orangnya sehat, berilmu, fasilitas punya, aman, tidak ada ketakutan kalau pulang malam, itulah,” katanya.

Ke depan, menurut Yansuri, ia optimis pembangunan di Sumsel akan meningkat seiring meningkatnya APBD Sumsel.

Tapi itu harus ada kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemprov Sumsel dan DPRD Sumsel sehingga semua program pembangunan yang sudah direncanakan dapat terealisasi dengan baik.

“Apalagi kalau jalinan eksekutif dan legislatif berjalan dengan baik dan aturan tidak memperberat masyarakat akan lebih mempermudah sektor ekonomi kita. Mudah-mudahan akan lebih bagus, tidak berbelit-belit izin maka pelayanan akan semakin baik,” ujarnya. (bum)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.