Ormas dan LSM di Mura Akan Divalidasi Ulang

Kepala Kesbangpol Mura H Amra Muslimin.

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan divalidasi atau didata ulang. Validasi akan dilakukan oleh tim terpadu pengawas terdiri dari Pemkab, Kodim, Polres, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya.

Pendataan ulang tersebut dilakukan untuk menciptakan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tenteram agar tidak terjadi perselisihan.

Bacaan Lainnya

Kepala Kesbangpol Mura H Amra Muslimin menjelaskan bahwa validasi dilakukan sesuai aturan Undang-Undang Republik Indonesia (RI) nomor 17 tahun 2013, tentang Ormas. Dan juga peraturan Menteri Dalam Negeri No 33 tahun 2012, tentang pedoman pendaftaran Ormas di lingkungan Kementerian dalam Negeri dan Pemda.

Seperti diketahui bahwa tugas Tim Terpadu Pengawasan untuk melakukan pengawasan terhadap Ormas. Dan nanti akan berkoordinasi, sekaligus melakukan evaluasi. “Ormas yang di validasi atau data ulang oleh Tim Terpadu Pengawasan Ormas 2019 ini sesuai dengan data 2018 lalu,” katanya.

Menurutnya, kegiatan pembinaan Ormas dan LSM merupakan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melakukan pemberdayaan Ormas dan LSM, untuk meningkatkan kinerja serta menjaga keberlangsungan hidup Ormas.

Ditanya kalau didata tidak lengkap? tidak ada sanksinya, kita cuma memberi pembinaan. Maksudnya kalau tidak lengkap diberitahu supaya melengkapi administrasi. Itulah tujuan pembinaan.

Namun, berdasarkan data yang ada saat ini Ormas dan LSM yang terdata di Kesbangpol Mura sebanyak 63 dan 23 diantaranya, telah habis masa berlakunya. Maka dari 23 itu, diminta untuk melakukan registrasi ulang. “Setiap Ormas dan LSM diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang. Bahkan, kita sudah mengimbau terus,” pintanya.

Dia menambahkan meminta ada peran positip dari ormas sesuai dengan bidang masing-masing. Maksudnya beri masukan yang bagus untuk pemerintah. Kedepan akan dibentuk sistem online. Ormas yang bagus akan diikutkan dalam lomba. (ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.