Ngaku Pengusaha Timah, Janda Beranak Satu Diperas

Kapolsek Sukarami Kompol Achmad Akbar didampingi Kanit Reskrim Iptu Heri saat bersama pelaku Hariyanto di Polsek Sukarami, Kamis (11/8)

Palembang, Sumselupdate.com – Mengaku sebagai pengusaha timah di Pulau Bangka Hariyanto (30) warga Kecamatan Tanjung Raja, Desa Tanjung Bawah, Kabupaten Ogan Ilir ini menipu seorang janda satu anak ini hingga mencapai enam belas juta lebih.

Akibat perbuatannya tersebut Hariyanto ditangkap Unit Reskrim Polsek Sukarami Rabu (10/8) sekitar pukul 08.00 WIB di Jalan Kol H Burlian setelah semalam menginap di rumah korban.

Bacaan Lainnya

Dari tangan tersangka polisi mengamankan uang Rp. 400 ribu, baju, sepatu baru yang dibeli pelaku dari uang korban.

Informasi yang dihimpun kalau awalnya korban Heri Yeni (26) warga Talang Kelapa, Kelurahan Alang-ALang Lebar, Kecamatan Sukarami Palembang mengenal pelaku setelah salah menghubungi nomor telepon setelah itu korban dan pelaku saling menelpon.

Pelaku mengaku sebagai pengusaha timah dari Pulau Bangka setelah itu pelaku meminta uang kepada korban sebanyak 10 kali melalui transfer yang totalnya Rp. 16.350.000,-.

Pelaku juga berjanji kepada korban akan menikahi korban namun janji tinggal janji sehingga korban melaporkan pelaku ke Polsek Sukarami.

Tersangka Hariyanto mengaku awal perkenalan dirinya dengan korban 8 bulan yang lalu berawal nomor handphone korban secara tidak sengaja menelpon pelaku. Dari sinilah terjadi kenalan antara pelaku dan korban.

Pelaku yang mengajak korban untuk menjalani ikatan percintaan bersama korban, entah bujukan apa yang dikeluarkan pelaku hingga meminta kiriman uang secara berkali – kali hingga mencapai enam belas juta.

“Kareno aku galak samo dio itulah aku datang ke Palembang nemui dio, aku sempat nginep di rumah dio selamo semalem. Terus besoknyo aku dilaporke samo Polisi,” katanya.

Masih dikatakan pria lajang ini, Heriyani korbannya merupakan janda beranak satu yang sedang mencari suami atas dasar itu dirinya mau menjalin hubungan.

“Aku dak katek rekening bank, itu rekening kawan aku sudah sekitar sepuluh kali lah dio ngirim duet, sisonyo tinggal empat ratus ribu duetnyo ku belike pakaian sepatu tas ado jugo untuk berobat,” jelasnya.

Kapolsek Sukarami Kompol Achmad Akbar didampingi Kanit Reskrim Iptu Heri mengatakan modus penipuan yang dilakukan oleh tersangka berkenalan dengan memacari korbannya mengajak kawin korbannya mengaku sebagai pengusaha timah.

“Pelaku kami tangkap setelah melacak keberadaan pelaku, korbannya memancing tersangka untuk ketemuan, barang – barang bukti yang kami amankan uang empat ratus ribu dan bukti transfer bank,” katanya.ery

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.