Pembuktian Bebas Narkoba 206 BCK Ikut Tes Urine

Tes Urine

Muratara, Sumselupdate.com – Sebanyak 206 Bakal Calon Kades (BCK) 50 desa dari 7 Kecamatan seKabupaten Muratara mengikuti tes urine yang diselenggarakan oleh Panitia Kabupaten, sebagai salah satu syarat mencalonkan diri sebagai Kepala Desa (Kades). Tes tersebut kerjamasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Lubuklinggau.

Tes urine tersebut dilakukan di Aula Kantor Camat Rupit dihadiri oleh Bupati H.M Syarif Hidayat, Kepala BNN Ibnu Musakir, Sekda H. Abudulah Matcik, Asisten I Rizwan Effendi, Kepala BPMPD-K Suhardiman dan ratusan BCK, Kamis (11/8).

Bacaan Lainnya

Kepala BPMPD-K Suhardiman mengatakan kegiatan tes urine ini, salah satu syarat terakhir bagi BCK. Karena pihaknya menginginkan BCK itu bebas dari narkoba.

“Ya ini syarat terakhir bagi BCK sebagai kandidat pesta demokrasi desa dan dilakukan tes narkoba bekerjasama dengan BNN Lubuklinggau, “katanya.

Dijelaskannya ada 206 BCK 50 desa dari 7 Kecamatan seKabupaten Muratara yang mengikuti tes urine, jika nantinya ada BCK ada yang positif mengkonsumsi narkoba, maka akan digugurkan.

“Jika ada yang positif maka akan kita gugur, karena kita menginginkan BCK itu memang benar-benar bebas dari narkoba,” tegasnya.

Kepala BNN Lubuklinggau Ibnu Musakir mengatakan setiap BCK itu harus sehat rohani dan juga jiwa, pihaknya akan melakukan tes urine kepada seluruh BCK dan jika perlu nantinya akan dilakukan tes darah.‎ Menurutnya narkoba bukan hanya menyerang fisik saja, akan tetapi menyerang jiwa.

“Bahanya narkoba bukan hanya menyerang fisik, akan tetapi menyerang jiwa pada pengguna narkoba. Karena kebaknyaan penggunaan norkoba itu ingin kaya, akan tetapi malas bekerja,” ucapnya.

Kapan hasilnya bisa diketahui? Ibnu menjelaskan untuk mengetahui hasil tes tersebut besok (hari ini, red) dan pihaknya nanti akan menyerahkan kepada panitia Pilkades Kabupaten.

“Besok (hari ini,red) hasilnya bisa diketahui, sebab kita akan melakukan perekapan terlebih dahulu dan akan disekarahkan kepada panitia Kabupaten,” bebernya.

Bupati H.M Syarif Hidayat dalam sambutannya tes ini salah satu syarat terakhir bagi BCK. Sebab kades ini adalah kader untuk memajukan Kabupaten Muratara ke depan. Karena ia menginginkan kades seKabupaten Muratara harus bebas dari narkoba.

Ia meyakinkan bahwa seluruh BCK bebas dari narkoba, sebab jika kades menggunakan narkoba tentunya tidak akan bisa menjadi peminpin desa yang baik dan memajukan desa.

“Kita menginginkan kades bebas narkoba, karena mereka ini kader-kader yang akan memajukan Kabupaten Muratara ke depan,” katanya.

Syarifpun memintah kepala seluruh BCK jika terpilih nanti harus bisa meyakinkan desanya bebas dari narkoba dan juga tidak melakukan korupsi.

“Bagaimana bisa tidak untuk menjamin desa bebas narkoba dan tidak melakukan korupsi,” soraknya disangupi oleh seluruh BCK.(Ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.