Musim Penghujan DBD Meningkat, ini Cara Pencegahannya

Penulis: - Selasa, 28 November 2023
Masuk musim hujan, waspadai DBD.

Palembang, sumselupdate.com – Curah hujan yang mulai tinggi di Kota Palembang beriringan dengan naiknya angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Palembang, penderita DBD sempat turun pada Agustus – September lalu lantaran musim kemarau.

Bacaan Lainnya

“Masuk musim hujan ini angkanya naik lagi, jadi harus waspada,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Yudi Setiawan, Selasa (28/11/2023).

Kasus DBD naik dari September berkisar di angka 38 kasus, lalu naik tajam di Oktober hingga November berkisar di angka 53 kasus.

Selain dengan metode pencegahan DBD menggunakan 3M, yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur, ada beberapa upaya tambahan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan mencegah DBD.

Baca juga : Masuk Musim Penghujan, Dinkes Palembang Imbau Warga Waspada DBD

“Memasang kasa atau kelambu nyamuk, tidak menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, menggunakan lotion anti nyamuk,” katanya.

Selain itu, menggunakan pakaian tertutup saat keluar rumah, memangkas dan membersihkan tanaman liar di pekarangan.

“Menjaga daya tahan tubuh, menghias rumah dengan tanaman anti nyamuk alami,” katanya.

Upaya pencegahan DBD merupakan langkah yang penting untuk dilakukan sebagai langkah preventif agar diri sendiri dan keluarga terbebas dari penyakit demam berdarah.

Baca juga : Kemenkes Sebut DBD Makin Sulit Didiagnosis

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami demam secara mendadak atau gejala demam berdarah lainnya.

“Agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan,” katanya. (Iya)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.