Musim Hujan, Drainase dan Anak Sungai Mulai Dikeruk

Penulis: - Kamis, 9 November 2023
Drainase mulai dibersihkan sambut musim hujan.

Palembang, sumselupdate.com – Musim penghujan yang diprediksi terjadi pada pertengahan November, Pemerintah Kota Palembang mulai melakukan pengerukan sendimen pada drainase.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA), Irigasi dan Limbah Dinas, RA Marlina Sylvia mengatakan, pihaknya mengerahkan 500 pekerja untuk melakukan pengerukan.

Bacaan Lainnya

“Pengerukan sendimen di drainase/ got/ selokan dan aliran anak sungai ini sebagai upaya pencegahan genangan air,” katanya.

Pengerukan drainase dilakukan di beberapa kawasan rawan banjir yakni kawasan Jalan Sudirman seberang Masjid Agung, Jl. Kolonel Atmo, Jl. Dempo, Jl. Rustam Effendy, Jl. Pahlawan, Jalan Sudirman IP Mall hingga Cinde, dan titik lainnya.

Marlina mengatakan, pengerukan juga sudah dilakukan di hilirnya aliran air di Kota Palembang seperti Sungai Borang, Sungai Gasing, Sungai Lambidaro, Sungai Borang.

“Berbagai macam jenis sampah ditemukan dalam saluran antara lain marka jalan, papan, bebatuan, bahkan limbah lemak/ minyak yang sudah mengeras,” katanya.

Baca juga : Hujan, Sejumlah Wilayah Masuk Peralihan Musim Hujan

Menurutnya, seharusnya penanganan banjir ini dilakukan oleh masing-masing instansi. Seperti saluran jalan nasional dikerjakan Balai Jalan Nasional, misalnya Jalan Sudirman.

Baca juga : Musim Hujan, Dinkes OKI Imbau Warga Waspada DBD

“Saluran jalan provinsi dikerjakan Dinas PUBM provinsi, misalnya jalan Kapten A Rivai, saluran anak sungai di perbatasan. Termasuk sungai lainnya dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS),” katanya. (Iya)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.