MPR Berharap Banyak Pilihan Capres 2024

Wakil Ketua MPR Arsul Sani di Media Center DPR Jakarta.

Jakarta, Sumselupdate.com – Wakil Ketua MPR Arsul Sani mengatakan, memasuki tahun 2022 tensi politik meningkat namun politik identitas akan menurun lantaran pandemi Covid-19.

“Menjadi tugas para elit partai, termasuk  di lingkaran kekuasaan pemerintah untuk merespon dinamika. Jangan membuat pernyataan dan respon  kontroversi yang bisa menimbulkan kegaduhan,” ujar Arsul di Media Center DPR Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Read More

Menurut Arsul, untuk menciptakan politik kebangsaan yang adem, kita  mesti belajar dari pengalaman Pilpres tahun 2014 dan  2019.

Ketika hanya 2 pasang calon, politik identitas naik secara signifikan. “Karena itu  kita dorong pasangan calon dalam pilpres 2024 minimal 3 pasangan,” kata Arsul.

Dikatakan, secara hitungan dengan Presidensial Thresholsd (PT) 20% masih terbuka kemungkinan muncul  sampai 4 pasangan capres.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menegaskan, koalisi partai politik di parlemen makin solid, tapi menentukan jadwal pemilu saja  belum selesai hingga sekarang.

“Melihat kondisi yang solid itu mestinya  bisa dilakukan revisi undang-undang pemilu,  apalagi menentukan tanggal pemilu. Jadi agak aneh juga hingga hari ini penetapan tanggal pemiu aja belum jelas,” kata Jazilul.

Diakui, PKB berkeinginan PT 5 sampai 10% agar banyak calon yang dipilih masyarakat dan untuk mencegah terjadinya politik identitas.

Namun demikian dia berharap dengan PT 20 persen bisa muncul empat pasangan capres.

Meski belum ditetapkan hari ‘H’ Pemilu, lanjut dia, namun beberapa calon kandidat presiden dari kalangan gubernur mulai kelihatan.

Sayangnya kandidat yang sering muncul itu tidak berprestasi dan bukan orang partai. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.