MoU Ditandatangani, Universitas PGRI Palembang dan Bappeda Sumsel Resmi Jalin Kerja Sama

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Plt Kepala Bappeda Sumsel, Dr Ir H Firmansyah, MSc menandatangani berkas MoU, Senin (7/12/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Universitas PGRI Palembang dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) resmi menjalin kerja sama di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kerja sama itu di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM), bidang pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM), bidang pembantuan tenaga ahli, bidang penggunaan fasilitas yang dimiliki para pihak, bidang lokakarya, pelatihan, seminar, pameran, dan kegiatan ilmiah lainnya.

Bacaan Lainnya

Jalinan kerja sama ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Plt Kepala Bappeda Sumsel, Dr Ir H Firmansyah, MSc, Senin (7/12/2020).

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan kata sambutan.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Sumsel, Regina Ariyanti, ST, Bidang Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan, Bidang Pemerintahan Kesos dan Kesra, dan Bidang Pengendalian dan Evaluasi serta perencanaan Strategis, dan jajarannya

Sedangkan dari Universitas PGRI Palembang hadir Rektor Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Wakil Rektor I dan II Dr Yasir Arafat, SE, MM, Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd, Dr Syaiful Eddy, MSi (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi sekaligus Plt Direktur Pascasarjana),  Dr Dessy Wardiah, MPd (Dekan FKIP), Edduar Hendri, SE, MM (Plt Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Adiguna, ST, MSi. (Dekan Fakultas Teknik), Indah Anggraini Yusanti, SSi, MSi (Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan).

Turut hadir Ramanata Disurya, SH, MH. (Kepala Biro AUPK 3 Ortala), Dra Misdalina, MPd (Kepala BPAAM), Dr Rohana, MPd. (Kepala LPPKM), Amirrudin, MPd (Kasubag Protokol dan Kerja Sama), Budi Utomo, SPd, MSc, Mega Kusuma Putri, MPd, Nuranisa, MPd, Laili Rosita, MPd.

Suasana pertemuan sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas PGRI Palembang dan Bappeda Sumsel, Senin (7/12/2020).

Kemudian, Siti Asiyah, MPd, Maharani Oktavia, MSc,  Eni Heldayani, SSi, MSc, Murjainah, MPd dari Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang, dan mahasiswa Rapiin dan Mardianto dari Prodi Pendidikan Geografi FKIP PGRI Palembang.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas penerimaan serta sambutan yang begitu hangat dan penuh kekeluargaan dari Plt Kepala Bappeda Sumsel, Dr Ir H Firmansyah, MSc dan jajarannya.

Selanjutnya, Rektor memperkenalkan rombongan satu persatu serta menyampaikan maksud dan tujuan nota kesepahaman ini.

Bukman mengenalkan berbagai fakultas, prodi, dan berbagai fasilitas serta keunggulan Universitas PGRI Palembang secara ringkas dan padat.

Suasana pertemuan sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas PGRI Palembang dan Bappeda Sumsel, Senin (7/12/2020).

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Memorandum of Understanding (MoU) ini meliputi Tri Darma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dikatakan Rektor, Universitas PGRI Palembang berkeinginan untuk membantu Bappeda Sumsel dalam pengembangan SDM sekaligus meningkatkan keterampilan dan kompetensi melalui pendidikan Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2).

Rektor menawarkan berbagai bantuan untuk Bappeda Sumsel untuk melakukan kajian-kajian ilmiah, pelatihan, nara sumber, dan lainnya yang dimiliki oleh Universitas PGRI Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Rektor memohon izin kepada Dr Ir H Firmansyah, MSc selaku Plt Kepala Bappeda Sumsel melakukan Memorandum of Agreement  (MoA) yang erat kaitannya dengan fakultas atau prodi yang ada di Universitas PGRI Palembang.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Sumsel Dr Ir H Firmansyah, MSc menyambut baik kedatangan Rektor Universitas PGRI Palembang beserta rombongan.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi memberikan cindera mata kepada Plt Kepala Bappeda Sumsel, Dr Ir H Firmansyah, MSc.

Firmansyah mengapresiasi atas inisiasi kerjasama yang digagas oleh Rektor Universitas PGRI Palembang dan siap untuk menindaklanjuti dengan meminta unit–unit terkait untuk melakukan MoA dengan berbagai fakultas dan Prodi di Universitas PGRI Palembang.

Dikatakannya, kerja sama di bidang pendidikan, penelitian serta peningkatan kompetensi SDM merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Maka dari itu, Firmansyah berharap berbagai kegiatan yang akan dilakukannya nanti benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat.

Setelah acara penandatanganan MoU dilanjutkan dengan sosialisasi dan PkM yang dilaksanakan para dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang di hadapan 59 peserta dari 8 kota/kabupaten dengan 21 instansi di Sumsel.

PkM dengan tema ‘Pelatihan Sistem Informasi Geografi (SIG) Tingkat Dasar’ ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah.

Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang yang menjadi pemateri dalam PkM bertemakan ‘Pelatihan Sistem Informasi Geografi (SIG) Tingkat Dasar’ menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah.

PBL ini merupakan model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan.

Selanjutnya kegiatan PkM dilanjutkan dengan melakukan pendampingan dan bimbingan pada peserta dalam pelatihan GIS tingkat dasar mulai dari instalasi sampai me-layout peta.

Narasumber pada kegiatan ini adalah delapan dosen Universitas PGRI Palembang yang terdiri dari tujuh dari Prodi Pendidikan Geografi dan satu dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Kegiatan PkM ini melibatkan dua mahasiswa semester lima dari Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang.

Adapun nara sumber kegiatan PkM ini adalah Mega Kusuma Putri, MPd dengan menyampaikan materi tentang Pengantar Dasar GIS, Nuranisa, MPd  memberikan materi tentang Instalasi Aplikasi, Laili Rosita, MPd memberikan materi tentang Registrasi Data/Retrifikasi.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Plt Kepala Bappeda Sumsel, Dr Ir H Firmansyah, MSc berfoto bersama dengan pejabat kedua lembaga.

Siti Asiyah, MPd memberikan materi tentang Digitasi, Maharani Oktavia, MSc menyampaikan materi tentang Editing,  Budi Utomo, SPd, MSc memberikan materi tentang Penampilan Data Spasial.

Eni Heldayani, SSi, MSc memberikan materi Queri Data dan Dosen PGSD Universitas PGRI Palembang   Murjainah, MPd menyampaikan materi tentang Layout dan Percetakan Data.

Ketua Pelaksana Kegiatan PkM, Budi Utomo, SPd, MSc mengatakan, tujuan dari PkM ini memberikan pengetahuan bagi para peserta tentang SIG tingkat dasar.

Tujuan lain dapat mengembangkan keterampilan peserta dalam mengoperasikan GIS dan menjalin hubungan yang erat antara para pemateri dengan para peserta. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.