Mensos Sebut Masyarakat Masih Permisif Sikapi Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Jakarta, Sumselupdate.com – Maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak, menimbulkan keprihatinan di berbagai pihak. Meski demikian, masyarakat banyak masih permisif dengan kejadian tersebut. Dan enggan langsung melaporkan kepada pihak berwenang.

Hal itu yang mandapat sorotan dari Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa yang menyatakan masyarakat Indonesia cenderung permisif terhadap kasus kekerasan seksual terhadap anak. Hal itu dibuktikan dari minimnya laporan kasus tersebut ke aparat penegak hukum.

Bacaan Lainnya

“Padahal yang terjadi sangat mungkin lebih banyak, namun masyarakat urung melaporkan karena beberapa kasus pelakunya justru orang terdekat mereka sendiri, seperti paman atau bahkan orang tuanya sendiri,” kata Khofifah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2016) sebagaimana dikutip dari laman Kompas.com.

Khofifah mengatakan hal ini berbanding terbalik dengan penyikapan terhadap tindak pidana narkoba. Dalam menyikapi tindak pidana narkoba, masyarakat justru masif dalam melaporkannya ke aparat penegak hukum.

Oleh karena itu, Khofifah mengungkapkan pemerintah melalui kementerian dan lembaga akan melakukan sosialisasi yang masif ke seluruh lapisan masyarakat soal kekerasan seksual anak ini.

“Jangan sampai peraturannya sudah kuat dan siap diterapkan, tetapi sikap masyarakat masih permisif akan percuma, karena laporannya akan sedikit ke aparat penegak hukum,” papar Khofifah. (adm3)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.