Mengenal Sosok Muslim di Balik Berdirinya YouTube

"Me at the zoo", video pertama yang diupload ke YouTube oleh Jawed Karim
"Me at the zoo", video pertama yang diupload ke YouTube oleh Jawed Karim

YouTube merupakan salah satu platform berbagi video terbesar di dunia yang didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Nama yang disebutkan terakhir, selain berstatus sebagai co-founder, juga merupakan pengunggah video pertama di YouTube.

Melalui channel miliknya, jawed, Karim mengunggah video berjudul “Me at the zoo” yang menampilkan dirinya sedang berada di kebun binatang. Video berdurasi 18 detik yang diunggah pada 23 April 2005 tersebut sudah ditonton lebih dari 50 juta kali.

Peran Karim dalam masa-masa awal YouTube bukan hanya sekadar memampang mukanya di platform tersebut. Ia merupakan sosok penting dalam memberikan ide-ide krusial untuk menciptakan sebuah web site yang memungkinkan penggunannya dapat berbagi video di dalamnya.

Sayangnya, peran Karim seakan terkubur dibandingkan dengan dua pendiri lainnya, yaitu Hurley dan Chen. Ia pun kerap disebut sebagai ‘pendiri ketiga’ dari YouTube, seakan menempatkannya di posisi paling akhir di belakang dua kolega lainnya. Apa yang membuat hal tersebut bisa terjadi? Berikut kisah singkat dari Jawed Karim, sebagaimana detikINET kutip dari New York Times, Rabu (6/6/2018).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.