Mengenal Aplikasi ‘Sinar’, Kapolres dan Forkopimda OKU Selatan Ikuti Launching secara Virtual

Launching virtual aplikasi Sinar.

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut dalam peluncuran, mengatakan, melalui aplikasi Sinar, perpanjangan SIM dapat dilakukan masyarakat secara online lewat handphone.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, masyarakat Indonesia baik yang di dalam maupun di luar negeri kita harapkan bisa mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM dari rumah atau di mana masyarakat berada cukup dengan menggunakan aplikasi Samsat digital nasional atau Sinar yang ada di handphone,” kata Sigit saat me-launching peluncuran aplikasi Sinar kemarin, Selasa (13/4/2021).

Lantas, apa itu Sinar?

SIM Nasional Presisi atau Sinar merupakan pelayanan pembuatan dan perpanjangan izin mengemudi secara online, berbasis aplikasi.

Aplikasi ini untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam perpanjangan dan pembuatan SIM.

Peluncuran aplikasi Sinar ini sesuai dengan program 100 hari kerja Kapolri untuk melakukan modernisasi pelayanan masyarakat.

“Tujuan pembangunan aplikasi ini adalah mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan SIM di mana saja dan kapan saja,” kata Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Istiono.

Aplikasi Sinar baru dapat dilakukan untuk perpanjangan SIM secara online. Rencananya, Korlantas akan meningkatkan layanan Sinar untuk permohonan pembuatan SIM baru. Selain itu, juga perpanjangan STNK dan pembuatan BPKB.

Sementara itu Kapolres OKU Selatan, AKBP Zulkarnain Harahap, SIK saat menyaksikan launching aplikasi Sinar dari ruang vicon aula Sertu Pol Anumerta Hadinata Polres OKU Selatan mengatakan, “Polri harus mengikuti strategi perkembangan teknologi dan adanya pandemi Covid19, Menurut Kapolri, dengan kehadiran SIM online ini dapat memberikan pelayanan kepolisian yang humanis dan menghindari kontak antara petugas dan masyarakat, untuk menghilangkan penyalahgunaan wewenang,” kata Bang Zul sapaan akrab Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, SIK.

Terakhir Bang zul kembali menambahkan, “Sudah saatnya Polri menampilkan polisi lalu lintas (polantas) yang berwibawa dan disegani masyarakat tanpa menggunakan senjata”.

Dalam kesempatan yang sama Kasat Lantas Polres OKU Selatan Iptu Muriyanto, SH, menambahkan bahwa, untuk sementara Aplikasi Sinar baru untuk perpanjangan SIM A dan C.

“Untuk masyarakat yang mau mengurus perpanjangan SIM A dan C harus mengunduh aplikasi di playstore bagi pengguna android, 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis masyarakat bisa mengajukan perpanjangan,” ujarnya.

Lanjut, untuk tes kesehatan dan tes psikologi juga menggunakan aplikasi yang sudah mendapat izin resmi dari Mabes Polri, bagi yang lolos tahapan tes kesehatan dan tes psikologi langsung diproses perpanjangan SIM nya.

“Jika sudah membayar melalui bank yang telah ditunjuk, maka langsung diproses. Bentuk fisik SIM sendiri masih sama tidak ada perubahan begitu juga dengan tarif pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari SIM yakni untuk SIM A Rp.80ribu dan SIM C Rp.75 ribu,” Jelasnya

Hadir dalam kesempatan peluncuran aplikasi Sinar di Kabupaten OKU Selatan kemarin, Selasa (13/4/2021) Kapolres OKU Selatan, Asisten lll OKU Selatan, Kajari OKU Selatan, Kadishub OKU Selatan, Perwakilan Anggota DPRD OKU Selatan, Kepala kantor POS Cabang OKU Selatan Serta Personil Sat Lantas Polres OKU Selatan. (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.