Lima Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan

Dompet Dhuafa Sumsel, melalui kegiatan Podcast Bincang Seputar Ramadhan, lewat channel YouTube, menghadirkan ustadz Kusworo Nursidik, Lc. sebagai pembicara, Kamis (7/4/2022).

Palembang, Sumselupdate.com – Pada saat umat muslim sedang melaksanakan amaliah bulan Ramadhan, tentu harus mengetahui syarat dan ketentuan dari Allah SWT agar sukses hingga akhir Ramadhan.

Dompet Dhuafa Sumsel, melalui kegiatan  Podcast Bincang Seputar Ramadhan, lewat channel YouTube, menghadirkan ustadz Kusworo Nursidik, Lc. sebagai pembicara, Kamis (7/4/2022).

Read More

Kusworo mengawali dengan ajakan syukur atas nikmat yang sangat besar, bahwa Allah SWT sesungguhnya telah menyaksikan dan mengetahui dosa umatnya sepanjang tahun, tapi Allah menutupinya sepanjang tahun pula.

Bahkan Allah menunda ajal kita dan Allah pertemukan dengan bulan Ramadhan untuk menggapai ampunan dan rahmat peluang besar untuk masuk surga melalui amaliah di bulan ramadhan.

“Fadzkuruni adzkurkum, wasykuruli wa la takfurun,” ucapnya.

Yang artinya: ‘Karena itu, ingatlah kalian kepadaKu, niscaya Aku ingat juga kepada kalian. Dan bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kalian mengingkariKu.’ (QS. Albaqarah: 152)

Kemudian Kusworo menyampaikan bahwa, Ramadhan ini mungkin saja Ramadhan kita terakhir, sehingga kita akan mati-matian mengoptialkan amaliah ibadah untuk meraih ampunan, rahmat dan surga Allah di Ramadhan ini.

Berikut tips agar sukses menggapainya:

  1. Perbanyak shalat

‘Man shoma romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih’.

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisaban (mengharap pahala dari Allah), maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).

Dengan banyaknya dosa kita, aib menumpuk, maksiat banyak, orang lain menganggap kita baik-baik saja karena dengan kasih sayang Allah SWT menutupi dosa yang kita lakukan, maka Allah pertemukan dengan bulan Ramadhan untuk menggapai ampunan dengan media qiyamu lail atau tarawih, dengan tetap menambah sholat-sholat sunnah lainnya.

  1. Perbanyak Membaca Alquran

Alquran itu cahaya bagi hati, penenang bagi qolbu, dan siraman rohani, dengan memperbanyak membaca Alquran akan dimudahkan dan semakin bersemangat untuk melakukan ibadah lainnya.

Mungkin ada yang berat untuk memperbayang shalat, mungkin bacaan Alquran kurang banyak. Maka yang pada sebelum Ramadhan jarang membaca Alquran maka di bulan Ramadhan ini 1 hari setidaknya 1 juz, jadi 30 hari 30 juz khatam 1 kali. Yang sebelumnya sudah 1 hari 1 juz maka diperbanyak 2 kali lipat dan seterusnya diperbanyak daripada hari biasanya.

  1. Sedekah

Sedekah di bulan Ramadhan, sangat luar biasa manfaatnya, sedekah yang wajib adalah zakat, di antara fadilah sedekah sesuai dengan hadist Nabi SAW adalah menolak balak, sedekah juga sebagai obat sebagaimana hadist “obati orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah”. Jika ada diantara anggota keluarga yang sudah berobat tetapi belum juga sembuh mungkin saja sedekah belum jadi kegemaran, dan jangan khawatir harta akan berkuran karena perhitungan Allah pasti tepat, bisa digandakan hingga 700 kali lipat, atau diganti dengan keberkahan, hidup lebih tenang.

  1. Perbanyak Dzikir

Di Ramadhan suasana ruhiyah luarbiasa, agar lebih bermakna perbanyak dzikir, jika sudah terbiasa dzikir setelah sholat maka bisa ditambah dengan dzikir pagi dan petang yang ma’tsur, dan bisa ditambah dengan dzikir yang umum yaitu istighfar, rasulullah yang ma’sum sudah dijamin dosanya, terjaga dari salah dan khilaf, dalam sehari tidak kurang 100 kali, kita tidak ada jaminan maka perbanyak dzikir, perbanyak mohon ampun kepada Allah SWT.

  1. Perbanyak Doa

Waktu yang mustajab untuk berdoa adalah di bulan Ramadhan, ketika orang dalam keadaan berpuasa dan berdoa kepada Allah maka akan dikabulkan, minta cepat punya anak, cepat punya rumah, dan seterusnya.  Tidak apa-apa jika meminta urusan duniawi, tapi jagan lupakan untuk urusan akhirat, rasulullah berdoa diawali dengan permohonan  kehidupan akhirat tanpa permohonan dunia.

Diakhir perbicangan Kusworo mengingatkan jika semua ini dilakukan dengan optimal insyaaAllah menjadi pribadi yang sukses melewati Ramadhan dengan menggapai ampunan rahmat dan surga Allah SWT. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.