Latgabma Super Garuda Shield 2022 Resmi Ditutup

Penutupan Latgabma Garuda Shield 2022

Laporan Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Sederet rangkaian kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield ke 16 tahun 2022 yang diikuti 13 negara akhirnya resmi ditutup. Terhitung sejak dibukanya Latgabma pada tanggal, 3 Agustus lalu, ternyata tak hanya memamerkan berbagai alutsista dan strategi tempur saja, namun juga sebagai bentuk menjalin hubungan antar negara

Read More

Penutupan Latihan bersama Super Garuda Shield 2022 ini ditandai dengan upacara yang dilakukan secara sakral dan dikomandoi langsung oleh Komandan Kodiklat AD, Letjen TNI Triyogo serta perwakilan dari Commander General of the US Army for the Pacific di lapangan upacara Puslatpur, Minggu (14/08/2022).

Letjen TNI Triyogo menyampaikan, Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2022 bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan interoperabilitas masing-masing angkatan bersenjata, tetapi juga dalam rangka meningkatkan kemitraan strategis multilateral melalui komitmen persahabatan dan rasa saling percaya sebagai partner strategis yang berperan penting bagi harmoni pertahanan dan keamanan.

Tak hanya angkatan darat saja, di tahun ini juga melibatkan dari angkatan udara dan angkatan laut untuk ikut serta dalam latihan gabungan Super Garuda Shield.

“Sudah banyak persiapan yang kita lakukan untuk mendukung kelancaran latihan ini, termasuk dari materi pelajaran serta program latihan lapangan dan maritim yang mencakup latihan amfibi, keamanan maritim, operasi militer di medan perkotaan, pertahanan udara, operasi udara, dan perebutan lapangan udara,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap Latgabma Super Garuda Shield 2022 ini dapat terus ditingkatkan sebagai bentuk kerjasama dan kemitraan strategis dalam memperkuat hubungan antar negara melalui latihan gabungan bersama militer ini, dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan.

Dijelaskan Letjen TNI Triyogo, secara umum latihan gabungan bersama ini berjalan sangat baik dan sukses, ditambah lagi berbagai materi latihan dapat dijalankan dengan apik dan juga diselesaikan secara bersama-sama secara baik.

“Beberapa hal yang dianggap perlu adanya penyempurnaan akan menjadi catatan kami untuk untuk penyempurnaan dalam event latihan berikutnya,” tegasnya.

Lanjutnya, ia sangat mengapresiasi kepada Commander General of the US Army for the Pacific, General Charles Flynn, serta perwakilan dari negara-negara peserta Latgabma Super Garuda Shield 2022 yang telah ikut berpartisipasi, dalam dukungan dan kerja sama yang dilakukan, sehingga latihan ini dapat terselenggara dengan baik.

“Selamat kembali ke negara dan satuan masing-masing dengan disertai semangat persaudaraan dari kami,” tutupnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.