Kuatkan Mental Hadapi Pandemi, Pemkab Muba Gelar Penguatan Psikologis Nakes

Sekayu, Sumselupdate.com – Menyatukan tekad dan semangat sehat para Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai garda terdepan menghadapi Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Kesehatan menggelar acara pertemuan Penguatan Mental/Psikologis Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan pada masa Pandemi Covid-19. Bertempat di Gedung Dharma Wanita Sekayu, Kamis (30/12/2021).

Acara dibuka langsung oleh Plt Bupati Muba Beni Hernedi, dikatakannya bahwa petugas kesehatan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dituntut untuk tetap mampu menjaga kesehatan fisik dan mentalnya, seiring dengan upaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat yang membutuhkan.

Read More

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum penyatuan tekad dan semangat sehat untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan di Kabupaten Muba khususnya dan di indonesia pada umumnya.

“Saya berharap seluruh jajaran kesehatan bersama–sama menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan, dengan menguatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan target cakupan vaksinasi Covid-19, mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran informasi berita hoaks serta meningkatkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat,” pungkasnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyampaikan bahwa Pemkab Muba akan selalu memprioritaskan dan menganggap hal penting terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Muba. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, penyegaran dan semangat baru bagi para Nakes dalam bekerja dan menyonsong tahun baru 2022, yang tentunya dengan tantangan yang sama atau bahkan lebih berat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan yang telah bahu membahu, berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19 dan mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat,” pungkas Beni.

Menurut laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah, MARS, mengatakan, tujuan diadakannya pertemuan ini yaitu mempererat silaturahmi dan menyatukan rasa kebersamaan petugas di jajaran kesehatan. Kemudian menguatkan komitmen dan mental petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19 serta meningkatkan semangat dan optimisme tenaga kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kegiatan pertemuan ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing 3 RSUD, 29 Puskesmas, dan tenaga kesehatan lainnya dalam Kabupaten Muba secara offline dan virtual zoom meeting. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu, Materi Penguatan Mental/Psikologi Tenaga Kesehatan pada masa pandemi Covid-19 oleh Prof Ir H Fachrurrozie Sjarkowi, PhD, disertai sesi tanya jawab serta Zikir, Doa bersama dan Tausiyah Singkat oleh Ustadz Baldad MS Fachrurrozie, MAg,” paparnya.

Mi

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Muba menyerahkan Tali Asih senilai masing-masing Rp. 5.000.000, kepada keluarga tenaga kesehatan yang telah gugur dalam masa pandemi Covid-19 sebagai bentuk kepedulian Jajaran Dinas Kesehatan, atas nama Nakes yaitu, Eva Suzana Am Keb dari Puskesmas Lumpatan dan Desi Fitri Maliah, SKM, dari Dinas Kesehatan Muba. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.