KPUD PALI Bakal Lelang Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019

Ketua KPUD PALI Sunario membongkar logistik untuk dilakukan lelang.

PALI, Sumselupdate.com – Usai melaksanakan Pemilu 2019 beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membongkar gudang logistik, Rabu (6/11/2019).

Pembongkaran tersebut dilakukan guna mengeluarkan kotak dan bilik suara untuk selanjutnya bakal segera dilakukan lelang.

Bacaan Lainnya

Ketua KPUD PALI Sunario menjelaskan, hal ini seusai arahan KPU RI. Lantaran, proses Pemilu sudah selesai dan sesuai arahan KPU untuk dilelang seluruh logistik dari KPU Pusat.

“Tahap awal pembongkaran adalah kotak suara dan bilik suara, yang jumlahnya ada 3.001 buah kotak suara dan bilik suara sekitar 2.600,” kata Sunario, Rabu (6/11/2019).

Sementara untuk membongkar dan melelang surat suara masih menunggu regulasi KPU Pusat. Proses pembongkaran gudang logistik KPUD PALI disaksikan Bawaslu dan pihak kepolisian.

“Yang melaksanakan lelang adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), kita hanya sampaikan berkas dan mengirim foto-foto barang yang bakal dilelang. Hasil lelang, semuanya bakal dikembalikan ke kas negara,” jelasnya.

Untuk logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar 2020 mendatang, Sunario menjelaskan, logistik Pemilu dan Pilkada berbeda.

“Itu beda, baik dari sisi anggaran maupun mekanismenya. Jadi untuk logistik Pilkada bakal dibuatkan kembali. Bentuk kotak suara pun rencananya akan berbahan dasar plastik atau fiber,” ujarnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.