Komplotan Spesialis Pencurian Hewan Ternak Dilumpuhkan Aparat

Ilustrasi

Martapura, Sumselupdate.com – Aksi pencurian hewan ternak terjadi di Desa Karya Makmur, Kecamatan Belitang Jaya, Kabupaten OKU Timur, pada Senin (30/7).

Setidaknya dua ekor sapi milik Imam Suwarno (65) dibawa lari pelaku, terdiri dari dua induk sapi yang sedang hamil 6 bulan dan satu ekor sapi umur satu tahun, saat korban sedang lelap tidur.

Read More

“Sekira pukul 3.00 saya bangun mau kasih makan sapi yang kandangnya persis satu dinding dengan rumah saya, ternyata dua ekor sapi sudah raib dan palang pintu kandang sudah dibuka,” papar Imam.

Kemudian Imam berteriak membangunkan tetangga untuk meminta tolong mencari jejak sapi miliknya yang hilang. “Tidak jauh dari lokasi ditemukan jejak ban mobil yang diperkirakan jenis pick up yang dipakai pelaku mengangkut sapi,” jelasnya.

Sementara itu Kapolsek Belitang III Iptu Aston Lasman Sinaga mengatakan, setelah mendapat informasi ada warga kehilangan hewan ternak Unit Reskrim langsung melakukan penyelidikan.

“Diketahui bahwa sapi yang diduga milik korban berada di Desa Bina Karsa, Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI dan setelah mengetahui identitas pelaku, anggota langsung melakukan pengejaran,” katanya.

Tiga pelaku pencurian sapi.

Hingga akhirnya tersangka Mujiman (51) diamankan petugas ketika sedang berada di kediaman Sutrisno (31) di Desa Margokoyo, Kecamatan Belitang Jaya. “Hasil pemeriksaan mereka melakukan pencurian bersama Dardi (56) dengan menggunakan pick up,” jelasnya.

Namun, pada saat dilakukan pengejaran terhadap pelaku ketiga, di perjalanan kedua tersangka berusaha melarikan diri dengan cara melompat. “Terpaksa anggota melakukan tindakan tegas menembak kaki kedua pelaku,” jelasnya.

Kemudian berdasarkan hasil penyelidikan petugas kembali menangkap tersangka Dardi di Kampung Baru, Kabupaten OKI ketika melintas menggunakan mobil pick up hitam yang dipakai untuk melakukan pencurian.

“Ketiga pelaku pencurian hewan ternak ini dan barang bukti satu unit mobil pick up dan dua ekor sapi hasil curian telah diamankan,” tandasnya. (mat)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.