Ketua RT dan RW se-Kelurahan Muaraenim Dilantik, ini Pesan Plt Camat

Kamis, 8 Juni 2023
Ketua RT dan RW se-Kelurahan Muaraenim Dilantik, ini Pesan Plt Camat

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Setelah melewati proses pemilihan yang sah melalui voting di masing-masing lingkungan mereka, akhirnya 42 orang pemimpin Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kelurahan Muaraenim, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim resmi dilantik untuk masa jabatan 2023-2026.

Pelantikan tersebut berlangsung dengan khidmat pada hari Kamis (8/6/2023) di Aula Kelurahan Muaraenim, di mana Plt Lurah Muaraenim, Fizwan Fajeri, secara langsung melantik mereka, sementara Plt Camat Muaraenim, Husni Thamrin, serta unsur Trifika Kecamatan Muaraenim dan kelurahan, menjadi saksi.

Dalam sambutannya, Plt Camat Muaraenim, Husni Thamrin, menyatakan bahwa pelantikan ketua RW dan RT ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kecamatan Muaraenim. Ia menjelaskan bahwa pelantikan ini bisa dilaksanakan karena memiliki landasan hukum yang mengatur hal tersebut.

Advertisements

“Sebenarnya, apakah dilantik atau tidak, tidak menjadi masalah, karena yang terpenting adalah Surat Keputusannya (SK) yang dikeluarkan oleh Kecamatan. Karena ada landasan hukumnya di Kemendagri, maka pelantikan ketua RW dan RT seperti ini sah-sah saja dilakukan,” ungkap Plt. Camat Muara Enim.

Selanjutnya, Plt Camat mengungkapkan bahwa insentif dan tunjangan bagi ketua RW dan RT akan terus meningkat setiap tahunnya, dengan sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten MuaraEnim. Besaran insentif untuk ketua RW dan RT di Kecamatan Muaraenim adalah sebesar Rp 400 ribu per bulan, naik dari sebelumnya sebesar Rp 250 ribu.

“Insentif untuk ketua RW dan RT sama, kami berikan sebesar Rp 400 ribu setiap bulannya, dan jumlah ini akan terus meningkat setiap tahunnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Husni Thamrin juga memberikan ucapan selamat kepada semua yang dilantik dan berharap agar mereka dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan tugas masing-masing.

“Saya atas nama pemerintah Kecamatan Muaraenim mengucapkan selamat kepada ketua RW dan RT di kelurahan Muaraenim. Saya berharap mereka dapat bekerja dengan baik sebagai mitra pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Muaraenim, Fizwan Fajeri, menjelaskan bahwa ada 42 orang yang terdiri dari 32 ketua RT dan 10 ketua RW yang dilantik. Pemilihan dilakukan melalui voting oleh masyarakat setempat.

“Kami berharap pelantikan seperti ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab moral bagi ketua RT dan RW dalam menjalankan tugas sebagai pejabat di lingkungan masyarakat. Karena tugas RT dan RW ini memang berat, oleh karena itu, saya berpesan agar mereka menjadi pengayom yang baik bagi masyarakat sebagai garda terdepan pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.