Juli, Giant Plaju dan Jalan Soekarno-Hatta Tutup, Angka Pengangguran di Palembang Bertambah

Penutupan seluruh gerai Giant di seluruh Indonesia termasuk Plaju dan Soekarno Hatta, dipastikan akan menambah deretan pengangguran di Kota Palembang.

Palembang, Sumselupdate.com – Penutupan seluruh gerai Giant di seluruh Indonesia termasuk Plaju dan Soekarno Hatta, dipastikan akan menambah deretan pengangguran di Kota Palembang.

Sehingga Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang menyerukan agar para pegawai mencoba menjadi enterpreneur atau usaha secara digital.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan, lantaran akan tutup, saat ini gerai Giant Plaju dan Soekarno Hatta diserbu banyak orang karena menghadirkan banyak diskon.

Mulai dari peralatan rumah tangga, pakaian, sembako, makanan, dan buah-buahan. Terutama saat akhir pekan pengunjung lebih ramai dari biasanya.

Dengan ditutupnya supermarket ini nasib ratusan karyawan yang dirumahkan pun kini menjadi persoalan baru. Tentu menjadi harapan tidak menambah jumlah pengangguran di Kota Palembang.

Kepala Disnaker Kota Palembang, Yanuarpan melalui Kabid Hubungan Kerja Disnaker Kota Palembang, Fahmi mengatakan dengan kondisi pandemi Covid-19 tantangan lebih besar muncul.

Di mana di antaranya mereka yang terdampak bisa tetap mendapatkan penghasilan untuk menunjang kehidupan mereka. Salah satunya dengan beralih menjadi enterpreneur digital.

“Justru saat pandemi ini usaha online tidak terdampak malah semakin menjamur. UMKM banyak yang menjual produk secara online. Nah, kami harap pekerja Giant yang dirumahkan beralih untuk membuka usaha secara online,” katanya.

Dengan peluang usaha tersebut secara tidak langsung mereka telah membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga tak harus bergantung dengan perusahaan. Mereka bisa berkreasi agar menciptakan mata pencaharian baru.

“Jadi ada sektor usaha baru yang dibuka untuk pemasukan penghasilan,” katanya.

Disnaker memastikan, jika nanti resmi Giant ditutup semua pegawai yang dirumahkan mendapatkan haknya terutama soal pesangon.

Meskipun, Fahmi tak menyebutkan berapa jumlah pegawai yang akan dirumahkan terkait penutupan gerai Giant Plaju dan Soekarno Hatta.

“Saat penutupan Giant sebelumnya di Kenten semua kewajiban perusahaan untuk pegawai sudah dijalankan sehingga tidak muncul masalah pasca penutupan. Harapan kami kedepan juga seperti ini agar dengan pesangon yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk buka usaha,” katanya. (iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.