Ketua MPR RI : Jika Negara Ini Ingin Maju, Perkuat SDM !

Rabu, 27 Januari 2016

Palembang, sumselupdate.com – Belajar dari sejarah, negara-negara yang maju itu karena negara tersebut kaya akan sumber daya manusia (SDM). Bukan karena kaya sumber daya alam. Untuk itu, demi kemajuan bangsa, hendaknya setiap elemen bangsa apalagi dunia kampus, harus memperhatikan persoalan SDM.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan ketika memberikan kata sambutan pada acara pengukuhan guru besar Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes di Graha Sriwijaya Kampus Unsri, Bukit Besar Palembang, Rabu (27/1/2016).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, putra asli Lampung ini sempat mengilas balik bagaimana kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai representasi dan kebanggaan masyarakat nusantara, terkhusus Sumatera Bagian Selatan, bisa diraih.

“Belajar dari Kerajaan Sriwijaya, rakyatnya makmur bahkan kekuasaannya mampu menembus dunia. Itu karena SDM kerajaan ini saat itu kuat. Bukan karena sumber daya alamnya”, jelas Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini.

Pada sisi lain, pria yang akrab disapa “Bang Zul” tersebut juga mencontohkan bagaimana Singapura yang saat ini menjadi Negara maju, padahal negara ini tidak memiliki kekayaan sumber daya alam. “Menurut cerita orang tua kita, pada jaman kejayaan Sriwijaya dulu, Singapura masih berupa rawa-rawa dan banyak singa. Tapi sekarang negara ini telah menjelma menjadi negara yang maju karena kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya,” jelasnya.

Untuk itu, Zulkifli kembali meningatkan agar negara ini diperkaya dan diperkuat dengan SDM yang berkualitas sehingga kemajuan dan kesejahteraan rakyat dapat mudah dicapai. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.