Jangan Kendor, Mudik Wajib Jalankan Protokes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Lesty Nurainy

Palembang, Sumselupdate.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Lesty Nurainy tak bosan mengimbau masyarakat supaya tetap terapkan protokol kesehatan (protokes) saat mudik.

“Kita ini memang dilema karena pandemi ini berefek terhadap masalah kesehatan dan ekonomi,” kata Lesty, Rabu (17/3/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dengan vaksinasi ini diharapkan bisa mencakup sasaran, sehingga ada kekebalan kelompok. Namun tetap terapkan prokes seperti wajib memakai masker, wajib cuci tangan dan wajib jaga jarak.

“Pesannya jangan berkerumun, itu tetap harus dijalankan. Masyarakat juga harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dimana pun itu,” pesannya.

Menurutnya, untuk mudik pastikan bahwa kondisinya sehat, tidak terpapar atau tidak sakit. Kalau bisa lakukan rapid test.

“Dengan begitu, kita bisa tahu kondisi kita ini, OTG atau bukan. Jadi kalau mau mudik dan sebagainya dengan mobilitas yang tinggi, memang sebaiknya kondisinya bebas Covid-19,” katanya.

Menurut Lesty, nantinya direncanakan akan dibuka posko kesehatan oleh Dinkes. Namun untuk jumlah dan lokasinya akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Lesty menambahkan, untuk 3T ​(testing, tracing, treatment) tetap harus dilaksanakan. Sebab 3T harus tetap dijalankan dengan baik oleh pemerintah. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.