Ini Penampakan Domba Termahal Sedunia, Harganya Rp7 Miliar!

Ilustrasi domba texel

Jakarta, Sumselupdate.com-Seekor domba di Skotlandia berhasil dijual seharga Rp7 miliar. Memang apa istimewanya? Dilansir dari The Guardian, domba mahal ini merupakan jenis domba Texel.

Domba bernama Double Diamond ini berhasil terjual dengan harga fantastis di pelelangan ternak di Lanark, dekat Glasgow, Skotlandia.

Double Diamond dibeli seharga 367.500 pound sterling atau lebih dari Rp7 miliar. Diketahui tiga orang peternak bekerja sama untuk membayar domba yang masih berusia 6 bulan itu.

Domba jenis Texel merupakan domba yang berasal dari sebuah pulai di lepas pantai Belanda. Texel memang bukan jenis domba biasa. Ia memiliki tubuh yang lebih berotot dan daging tanpa lemak. Diberitakan Insider, domba Texel memang biasanya dijual dengan harga mahal.

“Ini (pelelangan) sama seperti bisnis lainnya, pacuan kuda atau bisnis ternak. Sesekali sesuatu yang istimewa hadir dan kemarin seekor Texel istimewa muncul. Semua orang menginginkannya,” kata salah satu dari tiga peternak yang membeli domba itu, Jeff Aiken.

Lelang domba ini dibuka mulai 10.500 poundsterling atau sekitar Rp204 juta. Sesaat setelah dirilis, angkanya langsung melonjak sampai disepakati harga terakhir yaitu Rp7 miliar lebih.

Angka ini pun sanggup mematahkan rekor penjualan Texel pada 2009. Kala itu domba Texel bernama Deveronvale Perfection dijual seharga 231.000 pound sterling atau sekitar Rp4,5 miliar.

“Kami tahu itu akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Dia hewan yang luar biasa, didukung oleh gen terbaik. Ada sekitar tujuh atau delapan orang yang benar-benar menginginkannya dan itu yang membuat harganya tinggi,” kata Aiken.

Double Diamond nantinya akan dijadikan pejantan sehingga dapat dikembangbiakkan dengan domba betina. Perlakuan ini bukanlah hal yang buruk bagi seekor domba. (rly/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.