Hengki Tispa, Bagi Motivasi Kewirausahaan Kepada Siswa SMKN 3 OKU Selatan

 Hengki Irawan (Owner Tispa) saat memberikan motivasi tentang wirausaha terhadap siswa SMKN 3 OKU Selatan, Selasa (30/11/2021)

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Haji Hengki Irawan atau yang akrab disapa Hengki Tispa (Owner Tispa) turut menjadi narasumber dalam acara seminar enterpreneur yang diselenggarakan oleh SMKN 3 OKU Selatan, Selasa (30/11/2021).

Read More

Dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama setengah hari tersebut, owner Tispa tersebut memberikan motivasi kepada siswa yang tengah menimba ilmu di sekolah kejuruan terkemuka di OKU Selatan tersebut.

Di awal acara, Hengki terlebih dahulu mengucapkan Selamat Hari Guru di hadapan dewan guru dan tamu undangan.

“Kami ucapkan Selamat Hari Guru untuk seluruh guru khususnya di OKU Selatan dan Indonesia pada umumnya, guru adalah sosok terhebat dari orang orang hebat, tanpa guru niscaya kita semua tidak bisa seperti sekarang ini,” ujar Koheng sapaan akrab bos Tispa tersebut.

Selanjutnya dalam pantauan media Sumselupdate.com, Koheng menceritakan perjalanan karirnya dan mengapa kita harus memiliki jiwa enterpreneur sejak muda, serta menjelaskan kiat dalam menjadi pengusaha serta baik buruknya menjadi wirausahawan dan mengajak siswa-siswi di sekolah tersebut untuk memulai usaha sejak dini.

“Sebelum saya menjadi seperti saat ini, saya pernah menjadi seorang satpam, sopir angkot, tukang ojek, dan tukang panggul yang pada kala itu hanya untuk menyambung hidup,” ucapnya.

“Jadi kalau anak anak zaman sekarang  ada yang mengeluh di hadapan saya dan berkata hidup saya susah dan lain lain,  saya akan balik tanya seberapa besar susahnya kalian itu dibandingkan saya dan orangtua kalian dahulu. Jadi artinya jangan mudah mengeluh dan memiliki mental yang cengeng seperti itu,” tegasnya.

Selanjutnya, dalam seminar tersebut Hengki juga membagikan ilmu dan memotivasi terhadap kiat sukses dalam menjadi seorang enterpreneur kepada siswa-siswi di sekolah tersebut.

“Ada beberapa kiat untuk menjadi seorang wirausahawan di antaranya yang pertama dan utama adalah mental pengusaha dan pandai memilih peluang dan dibarengi dengan doa orangtua, dan bersedekah,” ungkap Hengki.

“Selama ini banyak yang menganggap faktor utama untuk menjadi pengusaha adalah modal (uang) itu salah besar, modal itu urusan terakhir,” tegasnya.

“Mari sedini mungkin kita bentuk diri kita untuk menjadi seorang enterpreneur mengapa itu saya katakan karena ada tiga  jawaban sederhana di antaranya kita mampu membuka lapangan pekerjaan, Masa depan jadi lebih baik tentunya, dan bisa menjadi boss di usia tidak perlu menunggu tua,” tandasnya.

“Mulailah dari sedini mungkin, cukup dengan mental pengusaha, pandai membaca peluang, meminta doa dari kedua orang tua, dan bersedekah. Hal itu sebagai modal utama adik-adik. We Will Become Millionaires, ” tandasnya

“Terakhir saya hanya berpesan kepada adik adik sekalian Siswa/i di SMKN 3 OKU Selatan kelak tatkala sudah sukses jangan lupakan kampung halaman, bangun kampung halaman dari mana kita berasal karena tidak ada yang lebih mulia kecuali dapat berguna bagi orang banyak,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Pemerintah Kecamatan Buana Pemaca, Pemerintah Desa Jagaraga, penggagas Desa Wisata OKU Selatan Budi Mulya, Kepala Sekolah SMKN 3 OKU Selatan Drs Sardi dan Dewan Guru dan perwakilan sekolah sekolah yang ada di Kecamatan Buana Pemaca serta tamu undangan lain seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Jagaraga serta seluruh siswa/i SMKN 3 OKU Selatan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.