Harganas Jadi Ajang Perkuat Pembangunan Keluarga

Suasana puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (7/7/2018).

Manado, Sumselupdate.com – Keluarga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri kita, karena seluruh cinta dan kasih sayang yang kita miliki berasal dari keluarga.

Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan kegiatan interaksi di lingkungan keluarga sehingga hubungan di antara anak dan orangtua bisa semakin erat.

Read More

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani dalam acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (7/7/2018).

Turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey; Plt, BKKBN, Sigit Priohutomo; Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo; para Gubernur, Walikota/Bupati serta para pejabat BKKBN di tingkat daerah serta ribuan masyarakat.

 

Peserta yang menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (7/7/2018).

Puan mengatakan, untuk pembangunan manusia dan pembangunan keluarga, pemerintah berupaya memperkuat interaksi dengan meningkatkan sinergitas dan koordinasi antarkementerian dan lintas badan.

Yang terpenting adalah meneguhkandelapan fungsi keluarga yang ada, mulai dari fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, kesehatan reproduksi, sosial budaya, hingga kelestarian lingkungan.

Selain itu untuk menghadapi bonus demografi harus dilaksanakan pembangunan tiga generasi yakni membangun komunikasi yang baik antara nenek dan cucu, anak dan orang tua.

Orang tua harus membatasi penggunaan gedget bagi anak sesuai kebutuhan dan pemanfaatannya dan lebih mendorong anak untuk melakukan kegiatan fisik yang bermanfaat.

Puan mengapresiasi keberhasilan Program KB di tanah air yang ditandai dengan banyaknya kampung kumuh yang kini jadi kampung bersih, kampung kreatif, kampung sejahtera, kampung berencana, dan kampung KB.

Puan juga menyemangati para remaja agar tetap semangat meraih prestasi, menjunjung tinggi martabat keluarga, bangsa dan negara.

Menko PMK juga mengapresiasi kreativitas GenRe yang ikut menyemarakkan Asian Games 2018 melalui flashmob.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel Drs Waspi yang dijumpai di sela-sela pembukaan Gelar Dagang Harganas 2018 mengatakan, peringatan Harganas adalah momen untuk mengingatkan setiap keluarga di Indonesia untuk menjaga ketahanan melalui komunikasi dan pendekatan seperti berkumpul, berbagi, bercanda dan memberdayakan antar anggota keluarga.

BKKBN Sumsel terus mendorong setiap keluarga untuk berdikari dan menciptakan lapangan kerja sendiri, salahsatunya dengan membina UPPKS sehingga dapat membantu perekonomian keluarga sekaligus memperkenalkan produksi khas Sumsel. (ril)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.