Hanya 10 Hari, Polres Muaraenim Berhasil Ungkap 26 Kasus, Enam Pelaku Anak-anak

Polres Muaraenim berhasil melakukan ungkap 27 kasus dalam operasi pekat Musi II periode kedua, yang digelar selama 10 hari sejak 13-23 September 2021.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Polres Muaraenim berhasil melakukan ungkap 27 kasus dalam operasi pekat Musi II periode kedua, yang digelar selama 10 hari sejak 13-23 September 2021.

Read More

Hal ini diungkapkan Kapolres Muaraenim AKBP Danny Sianipar melaui Wakapolres Kompol Indarmawan, didampingi semua PJU jajaran Polres Muaraenim, dalam siaran persnya dan di halaman Satreskrim Polres Muaraenim, Jumat (24/09/2021).

“Selama 10 hari dari 13-23 September kemarin, jajaran Satuan Reskrim dan Polsek di seluruh wilayah Polres Muaraenim menggelar operasi pekat Musi II periode kedua dengan target operasi (TO) tiga kasus. Namun, target itu jauh melampaui, apa yang kita targetkan, karena kita berhasil melakukan ungkap kasus sebanyak 26 dari tiga sasaran operasi berupa Curat, Curas, dan Curanmor,” ungkapnya.

Kemudian, ia mengungkapkan, motif pelaku melakukan kejahatannya beragam. Namun di antaranya adalah motif kebutuhan ekonomi dan Narkoba.

“Motifnya beragam ada yang motif ekonomi, namun ada juga motif lantaran pecandu Narkoba,”bebernya.

Masih, kata Wakapolres dari 26 pelaku ini, terdapat enam orang pelaku masih di bawah umur.

“Pelaku ini berjumlah 26 orang, enam di antaranya masih anak-anak atau di bawah umur. Sisa lainnya, semua laki-laki dewasa. Sementara rincian kasusnya yakni Curas 5 Kasus, Curanmor 2 kasus, dan Curat sebanyak 19 kasus,” bebernya.

Terkait penangkapan para pelaku ini, dikatakan Wakapolres dilakukan dibeberapa tempat di antaranya, ada yang diamankan di Kota Prabumulih, Palembang, dan Kabupaten Muaraenim sendiri, dan di antara Polsek yang ada paling berhasil melakukan ungkap kasus yaitu Polsek Gelumbang.

“Paling banyak melakukan ungkap kasus adalah Polsek Gelumbang dan mereka berhasil mengungkap satu pelaku yang melakukan aksi kejahatannya di tiga lokasi berbeda dari pelaku yang sama Curanmor dan satu di antara para pelaku sampai diambil tindak tegas  unit Reskrim Polsek Gelumbang. Maka dari itu Kapolres Muara Enim memberikan reward ke Kanit Polsek Gelumbang atas prestasi tersebut,” ujarnya.

Atas perbuatannya, tambah Wakapolres para pelaku akan diganjar hukuman beragam sesuai dengan kasus yang mereka lakukan.

“Terkait ancaman hukumannya beragam, kalau pelaku Curas ancamannya 9-20 tahun, curanmor tujuh sampai sembilan tahun, dan Curat 5-9 tahun,” tegasnya.

Terakhir, Wakapolres mengimbau masyarakat untuk terus berhati-hati dan dengan adanya operasi pekat Musi II ini akan mampu mengurangi tindakan kejahatan di wilayah hukum Polres Muaraenim.

“Kami himbau seluruh masyarakat untuk terus bethati-hati karena kejahatan dapat muncul dimana saja dan kapan saja. Maka itu, dengan adanya operasi pekat Musi II ini besar harapan kita akan mengurangi angka kejahatan di wilayah hukum Polres Muaraenim,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.