Halaqoh Alim Ulama Nahdatul Ulama Dukung Visi Misi Pemkab Muaraenim

DISAMBUT---Plt Bupati Muaraenim Juarsah menerima kedatangan Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2020.

Muaraenim, Sumselupdate.com-Halaqoh Alim Ulama Nahdatul Ulama (NU) mendukung Visi Misi Pemkab Muaraenim yang agamis dan merakyat.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2020 April Kohar saat melakukan silaturahmi bersama Plt Bupati Muaraenim Juarsah, Selasa (27/10/2020) malam. Turut mendampingi PCNU Muaraenim yang diwakili Rois Syuriah Kiayi Miftah Kaprawi, Ketua PC GP Anshor Imam Syafei dan Koordinator Pelaksana MQK Deni.

Bacaan Lainnya

“Kita sepakat merekomendasikan beberapa poin di dalam mendukung Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Muaraenim yang agamis dan merakyat di antaranya dengan disahkannya UU Pesantren sebagai payung hukum guna mendorong pemerintah daerah lebih memperhatikan dengan maksimal pondok pesantren di Kabupaten Muaraenim baik fasilitas, sarana prasarana, dana operasional dan kesejahteraan pengajar pondok pesantren,” tegas April Kohar.

Dia mendorong Pemkab Muaraenim mengalokasikan anggaran dalam rangka kegiatan Hari Santri dengan diadakan perlombaan seperti Musabaqoh Qiraatul Qutub dan lain sebagainya.

“Kita mendorong Pemkab Muaraenim agar mengalokasikan dana di APBD untuk kegiatan HSN di Kabupaten Muaraenim. Kemudian mengingat kondisi yang sedang viral adanya penyerangan kepada para alim ulama, kita juga meminta kepada Pemkab Muaraenim untuk memberikan rasa aman pada para alim ulama yang ada di Kabupaten Muaraenim,” jelas April.

Selanjutnya April meminta pemerintah daerah bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk diikut sertakan dalam program Bina Desa serta memperhatikan Ormas Islam yang ada di Kabupaten Muaraenim.

“Kita juga meminta pada Pemkab untuk dapat meninjau ulang kerja sama dengan UIN Raden Fatah Palembang, serta melakukan evaluasi dan juga kerja sama dengan perguruan tinggi lain seperti UIN RIL Lampung, IAIN Curup dan lainnya sebagai bentuk akomodir kepada mahasiswa dari Kabupaten Muaraenim supaya ikut andil dalam program Bina Desa yg diprogramkan Pemda. Serta Pemkab Muaraenim untuk memberikan perhatian dan dukungan penuh kepada ormas-ormas keagamaan seperti Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, dan lainnya dalam rangka mewujudkan Visi Misi Kabupaten Muaraenim yang agamis,” pintanya.

Terakhir April meminta Pemkab untuk mendorong serta untuk mempertegas peran serta perusahaan baik BUMN maupun swasta agar dapat memberikan perannya terhadap kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Muaraenim.

“Terakhir kami minta Pemkab Muaraenim untuk mendorong perusahaan yang ada di kabupaten Muaraenim untuk bertanggung jawab serta mendukung Visi Misi Pemerintah Kabupaten Muaraenim yang Agamis, Mandiri, Berdaya Saing, Sehat dan Sejahtera dalam bentuk mengalokasikan dana dari Keuntungan perusahaan untuk Kegiatan Keagamaan, kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Kami berharap Pemkab Muaraenim dapat membantu kendaraan operasional serta gedung NU,” pintanya.

Plt Bupati Muaraenim Juarsah menyatakan Pemkab Muaraenim akan memfasilitasi apa yang direkomendasikan oleh NU.

“Atas nama Pemkab Muaraenim kami sangat mendukung dan merespon positip di antaranya pondok pesantren sebagai pioner mendukung Visi Misi Pemerintah Kabupaten Muaraenim yang agamis. Kemudian juga terkait peran alim ulama harus dikawal dalam berdakwah di tengah masyarakat khususnya warga Nahdiyyin,” ujarnya.

Terkait permintaan transportasi operasional dan gedung NU, Juarsah mengatakan, hal itu dapat diusulkan melalui pihak ketiga.

“Terkait pengadaan transportasi operasional seperti kendaraan ormas bisa diusulkan pada pihak ketiga pada perusahaan di wilayah Kabupaten Muaraenim,” pungkasnya.

Diakhir pertemuan panitia MQK melaporkan juara MQK tingkat kabupaten yang digelar oleh PCNU untuk difasilitasi keberangkatan Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) di tingkat Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 24 peserta dan 5 orang pendamping di Ponpes Hidayatul Fudhola Wali Songo Bentayan, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, yang diadakan pada tanggal 30 Oktober s/d 1 Nopember 2020. (dan)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.