Gibran Mau Buktikan Keaslian Ijazahnya

Senin, 20 November 2023

Jakarta, Sumselupdate.com- Cawapres Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap untuk membuktikan keaslian ijazahnya di tengah munculnya isu ijazah palsu. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku akan membawa ijazahnya untuk diperlihatkan dan dibuktikan keasliannya di hadapan media.

“Nggak apa-apa, besok teman-teman media seperti biasa, jam 7 pagi di Balai Kota (Solo). Entar saya bawa ijazah saya, ya. Dicek aja, asli atau palsu,” kata Gibran dalam acara HUT 13 Mata Najwa di Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023) malam.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Solo tersebut juga menyatakan kesiapannya untuk membiayai tranportasi ke Singapura untuk memastikan keaslian ijazah di tempatnya menempuh pendidikan.

“Kalau nggak percaya nanti saya pesenin tiket ke Singapur datangin ke sekolahnya,” kata Gibran.

Dituding Palsu

Tudingan terkait ijazah palsu ini pertama kali dilontarkan pegiat media sosial Dokter Tifa. Lewat akun Twitter atau X @DokterTifa menyebut cawapres pendamping capres Prabowo Subianto itu tidak pernah berkuliah di University of Technology Sydney (UTS) Insearch Sydney, Australia.

“Bran @gibran_tweet, ijazah kursusmu dari Insearch UTS mana coba tak lihat. Insearch setahuku artinya program atau kursus untuk persiapan masuk UTS,” tulis Dokter Tifa seperti dikutip pada Kamis (16/11/2023).

Dalam kicauannya, @DokterTifa turut mengunggah foto surat keterangan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 9149/D.DI/KS/2019.

Pada surat tersebut tertulis pernyataan bahwa Gibran Rakabuming Raka telah menyelesaikan pendidikan Grade 12 di UTS Insearch, Sydney, Australia tahun 2006.

“Yang bersangkutan dinilai memiliki pengetahuan setara tamat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Peminatan Akutansi dan Keuangan di Indonesia,” tulis surat tersebut.

Sementara Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam telah mengonfirmasi Gibran mengantongi gelar Bachelor of Science dari University of Bradford, Singapura. Ijazah tersebut menurutnya diterbitkan di Singapura pada 14 November 2010 lalu. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.