Gelar Wisuda Virtual, Poltekpar Palembang Janjikan Beasiswa S2

WISUDA VIRTUAL---Poltekpar Palembang menggelar wisuda virtual bersama, Selasa (27/10/2020).

Laporan: Syandi Fran Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Poltekpar Palembang menggelar wisuda virtual bersama 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata di bawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (27/10/2020).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Kemenpar RI sekaligus Ketua Pelaksana Wisuda Virtual Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, wisuda bersama 6 perguruan tinggi digelar secara bersama dan virtual untuk ikut memutus mata rantai Covid-19.

“Ini merupakan wisuda perdana bagi Poltekpar Palembang dan Lombok. Wisuda bersama ini, yakni lulusan dari magister terapan, dan sarjana terapan yang diikuti 6 perguruan tinggi pariwisata secara virtual,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, total keseluruhan ada 2746 wisudawan dari PTNP Bandung sebanyak 772 wisudawan, Poltekpar Medan sebanyak 460 wisudawan, Poltekpar Makassar sebanyak 430 wisudawan, Poltekpar Bali 561 wisudawan, Poltekpar Palembang, sebanyak 259 wisudawan, dan Poltekpar Lombok sebanyak 314 wisudawan.

“Hari ini ada 13 orang terbaik pria dan wanita yang langsung diwisuda oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni dari Diploma 3 dan 4, dan satu dari S1 terapan,” katanya saat menyampaikan laporan kegiatan.

Direktur Poltek Pariwisata Palembang Zulkifli Harahap berharap wisuda perdana yang digelar Poltekpar Palembang menjadi bukti keseriusan pihaknya dalam mencetak SDM berkualitas di bidang pariwisata.

Alhamdulillah kami bisa cetak SDM bidang pariwisata yang bisa setara dengan lulusan, baik nasional maupun internasional,” katanya.

Dirinya menambahkan, dalam wisuda perdana ini ada 274 mahasiswa dari program DiplomaI III dan IV. Ke depan, lanjut dia, masih banyak PR dan tantangan yang harus dihadapi, di mana pihaknya terus berupaya meningkatkan kapasitas para dosen dan program yg akan diberikan kepada mahasiswa Poltekpar.

“Selain itu kami salah satu lembaga institusi pendidikan pariwisata yang sudah dapat akreditas dari BAN PT dengan predikat baik, dan di 2021 kami akan terus meningkatkan akreditasi di tingkat dunia,” ujarnya

Ke depan pihaknya akan terus bersama dalam membangun untuk meningkatkan sinergisitas, kemudian wisudawan terbaik akan diundang untuk mendapatkan beasiswa. Selain itu, pihaknya juga merekrut sebanyak 20 wisudawan untuk menjadi instruktur di Poltekpar Palembang.

“Tahun depan kita akan lanjut memberikan beasiswa S2, sehingga harapannya setelah selesai mereka bisa jadi dosen di Poltekpar Palembang, dan lambat laun kita akan mengurai tantangan ke depan, yakni kekurangan dosen agar mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya

Tidak hanya itu, Poltekpar Palembang saat ini membangun fasilitas, di antaranya hotel yang berlokasi berdekatan

“Kami sudah bangun gedung hotel yg memiliki 110 kamar yang akan menjadi laboraturium praktik bagi mahasiswa sebelum terjun ke lapangan,” tambahnya.

Asisten I Pemprov Sumsel, Ahmad Najib berharap kehadiran Poktekpar Palembang membantu Pemprov Sumsel dalam menjalankan program pariwisatanya.

“Ya, ini salah satu bukti bahwa Sumsel Maju Untuk Semua. Sesuai visi gubernur, di 2021 kita membutuhkan tenaga skill untuk pariwisata Palembang,” katanya.

Ia berharap ke depan semua lulusan Poltekpar Palembang bisa bersaing baik secara nasional maupun internasional. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.