Gelar Lomba B2SA, Lanosin Sebut Indeks Ketahanan Pangan OKU Timur Tertinggi di Sumsel

Bupati OKU Timur, H Lanosin, ST membuka acara lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Indeks Ketahanan Pangan OKU Timur tertinggi se-Sumsel dengan skor 81,22. Itu setelah ditinjau dari tiga kriteria, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan dari sisi gizi

Read More

Hal itu disampaikan Bupati OKU Timur, H Lanosin, ST saat pembukaan acara lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten OKU Timur tahun 2021, di Balai Rakyat Pemkab, Rabu (13/10/2021).

OKU Timur juga akan mendapatkan program mandiri pangan yang dicanangkan oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

“Sasarannya jelas, yaitu menekan angka masyarakat yang kurang sejahtera, yang saat ini prestasinya naik menjadi 10,46 persen di OKU Timur. Program ini harus kita sambut, agar OKU Timur menuju merdeka pangan,” ujarnya.

Sementara, Ketua TP PKK OKU Timur, dr. Sheila Noberta mengatakan, konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman menjadi sangatlah penting. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan bersama TP PKK bekerjasama menggelar lomba cipta pangan B2SA .

“OKU Timur memiliki potensi sumber pangan karbohidrat yang cukup besar, namun belum optimal. Untuk itu, kami dari PKK secara maksimal bergerak untuk memanfaatkan lahan kosong melalui program ketahanan pangan lestari,” ucap Sheila.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur, Junadi, dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menurunkan target konsumsi beras dan mempromosikan konsumsi pangan yang beragam.

“Sasaran yaitu terbangunnya kesadaran masyarakat akan konsumsi pangan yang beragam dan Bergizi. Kegiatan lomba B2SA ini diikuti oleh 20 tim dari TP PKK kecamatan se Kabupaten OKU Timur,” tutup Junadi. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.