Ganyang Malaysia 4-1, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF 2020

Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1 pada laga Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [Twitter resmi Piala AFF]

Singapura, Sumselupdate.com – Timnas Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF 2020 usai mengganyang rival abadinya, Timnas Malaysia dengan skor telak 4-1 dalam laga pamungkas Grup B di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Dilansir Suara.com (jaringan Sumselupdate.com) dengan kemenangan ini, Timnas Senior Indonesia lolos ke fase gugur semifinal Piala AFF sebagai juara Grup B.

Read More

Sementara posisi runner-up ditempati oleh Vietnam yang mengalahkan Kamboja 4-0 di partai lainnya malam ini.

Indonesia dan Vietnam sejatinya sama-sama mengoleksi 10 poin dan selisih gol +9 di klasemen akhir Grup B.

Namun, Indonesia berhak ada di puncak klasemen lantaran unggul agresivitas gol (jumlah gol memasukkan).

Timnas Indonesia pun akan menghadapi tuan rumah Singapura sebagai runner-up Grup A di partai semifinal nanti. Sementara Vietnam bakal melawan juara Grup A, Thailand.

Di National Stadium, pertandingan kedua tim berjalan sengit di babak pertama. Jual beli serangan sudah dilakukan oleh kedua kesebelasan sejak menit awal untuk mencetak gol.

Namun, Timnas Indonesia harus kecolongan di menit ke-13. Bola buangan Irfan Jaya yang kurang sempurna, didapatkan oleh pemain Malaysia, Kogileswaran Raj, yang langsung melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung kiper Nadeo Argawinata.

Indonesia yang tertinggal, lantas beberapa kali memberikan tekanan kepada Malaysia. Upaya bertubi-tubi tersebut akhirnya berbuah hasil pada menit ke-36.

Irfan Jaya membayar kesalahannya dan membuat skor menjadi 1-1. Memanfaatkan kerja sama satu-dua dengan Witan Sulaeman, winger PSS Sleman itu mengecoh bek Malaysia sebelum mencetak gol.

Selepas berhasil menyamakan kedudukan, Timnas Indonesia terus memberikan tekanan kepada Malaysia. Terbukti Irfan Jaya mengemas gol keduanya pada menit ke-43.

Sebuah cross-shoot dari Pratama Arhan bisa diselesaikan dengan baik oleh Irfan dengan mencocor bola ke gawang Malaysia. Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1.

Tidak ada lagi gol yang tercipta sampai turun minum. Skuad Garuda melakoni comeback impresif di babak pertama ini dan unggul 2-1 saat turun minum.

Tak lama setelah restart, tepatnya di menit ke-50, Pratama Arhan membuat skor menjadi 3-1 lewat sebuah gol cantik. Tendangan geledek bek sayap PSIS Semarang itu dari luar kotak penalti tak bisa dibendung kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

Unggul 3-1 membuat Timnas Indonesia lebih tenang dalam melakukan serangan demi serangan. Sebaliknya, Malaysia seperti dalam tekanan yang membuat mereka sering kehilangan bola sendiri.

Malaysia terus berusaha memperkecil ketertinggalan. Hanya saja, tim asuhan Tan Cheng Hoe itu selalu gagal memanfaatkan peluang yang didapat menjadi sebuah gol.

Justru Elkan Baggott, yang turun sebagai pemain pengganti di awal babak kedua, mencetak gol dan membuat Indonesia unggul 4-1 di menit ke-82.

Umpan pemain pengganti lainnya, yakni kapten Evan Dimas dari tendangan penjuru bisa dimaksimalkan dengan tandukan bek tengah Ipswich Town berusia 19 tahun itu.

Hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan oleh wasit, skor 4-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia tidak berubah. (srs)

Susunan Pemain:

Timnas Malaysia XI (4-3-3): Khairul Fahmi; Muhammad Syahmi Bin Safari, Dionjohan Chai Cools, Putera Nadher Amarhan, Mohd Rizal; Baddrol Bakhtiar, Arif Aiman (Akhar Rashid 60′), Kogileswaran Raj Mohana (Guileherme de Paula 60′); Safawi Rasid (Dominic Tan 46′, Quentin Cheng 89′), Muhammad Syafiq (Shahrel Fikri 77′), Mohamad Faisal.

Pelatih: Tan Cheng Hoe (Malaysia)

Timnas Indonesia XI (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dwangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto (Evan Dimas 76′), Ricky Kambuaya; Ramai Rumakiek (Elkan Baggott 46′), Witan Sulaeman, Irfan Jaya (Yabes Roni 90+3′); Ezra Walian (Kushedya Hari Yudo 63′, Hanis Saghara 90+3).

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.