Festival Jerami Sebiduk Sehaluan OKUT, Wacananya Diambil Alih Provinsi

Suasana Rapat Festival Jerami Awak Media Bersama Sekda OKU Timur.

Martapura, Sumselupdate.com – Suksesnya pelaksanaan Fertival Jerami Sebiduk Sehaluan (FJSS) Kabupaten OKU Timur tahun 2018 hingga mendapat Rekor MURI, membuat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mulai melirik untuk melaksanakan Festival Jerami di tingkat provinsi.

Berangkat dari rencana tersebut, seluruh panitia FJSS bersama Sekda OKU Timur Jumadi, SSos didampingi Asisten dan Staf Ahli duduk bersama membahas pelaksanaan FJSS tahun 2019 di ruang Bina Praja II Palembang, Kamis (18/7/2019).

Bacaan Lainnya

Sekda OKU Timur, Jumadi, SSos mengatakan, ada banyak manfaat dan keuntungan jika FJSS diambil alih oleh provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel.

Menurutnya, mulai dari peserta yang berasal dari 17 kabupaten kota se-Sumsel hingga pendanaan yang tentu akan di-support penuh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel.

“Selain itu gebyar Festival Jerami akan terasa lebih meriah jika diikuti peserta dari kabupaten kota se-Sumsel. Untuk itu, kita tawarkan kepada seluruh panitia apakah sepakat Festival Jerami ini diambil alih provinsi atau tetap kita (OKU Timur) yang melaksanakannya,” ujar Sekda.

Ditambahkan Sekda, untuk teknis pelaksanaan Festival Jerami akan dirapatkan terlebih dahulu dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel.

“Kemungkinan Selasa atau Rabu kita ke provinsi bersama panitia FJSS. Sebelumnya kita harus persiapkan dahulu apa-apa saja yang akan dibutuhkan. Lokasi dan alternatif lokasi lain serta yang lainnya,” ucap Sekda.

Sementara itu, Ketua Umum FJSS, Edward Ferdinant, SH sangat menyayangkan event besar dengan skala nasional yang dilaksanakan di OKU Timur diambil alih oleh provinsi.

Kalaupun memang harus diambil alih provinsi pihaknya meminta namanya tetap FJSS karena sudah tercatat di agenda pariwisata pada Kementerian Pariwisata RI.

“Tidak masalah jika memang harus diambil alih provinsi. Namun kita minta namanya tetap Festival Jerami Sebiduk Sehaluan dan harus dilaksanakan di OKU Timur. Dengan dilaksanakan di OKU Timur harapan kita bisa mampu meningkatkan dan memperkenalkan potensi wisata yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan,” ujarnya.

Selain itu, dengan dilaksanakannya Festival Jerami di OKU Timur akan meningkatkan geliat ekonomi sekaligus mengangkat produk-produk UMKM dan usaha rumah tangga masyarakat sekitar.

“Geliat ekonomi OKU Timur akan meningkat jika dilaksanakan di OKU Timur. Hotel akan full booking, rumah makan bahkan sampai produk pangan dan kerajinan OKU Timur akan dilirik pengunjung. Bahkan kita bisa promosi besar-besaran beras organik yang merupakan produk unggulan OKU Timur,” ucap Edward yang juga menjabat Ketua PWI OKU Timur. (mat)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.