Dugaan Korupsi Baju Olahraga, Dua Oknum Pejabat Dinkes dan Kontraktor Jalani Sidang Perdana

Palembang, sumselupdate.com – Sidang perdana dugaan korupsi pengadaan Pakaian Olahraga Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut (Lansia) Dinkes Kota Prabumulih tahun Anggaran 2021, yang menjerat Birendra khadafi dan Darmansyah, digelar di PN Tipikor Palembang, Selasa (23/8/2022).

Dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Hakim Mangapul Manalu SH MH, JPU Prabumulih, membacakan dakwaan terhadap dua terdakwa.

Read More

Keduanya didakwa dengan pasal 2  ayat (1) jo pasal 18  Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP yang berbunyi barang siapa melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun.

“Dan pasal Pasal 3 yang mengatur, setiap orang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri, orang lain, atau korporasi, menyalah gunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan yang dapat merugikan keuangan negara dipidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama 20 tahun,” kata JPU Muhammad Arsyad SH dan Zit Mutaqin SH.

Dakwaan JPU atas tindak pidana korupsi yang menyebabkab kerugian negara Rp478.072.846, persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim Mangapul SH MH ditutup dan akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda keterangan saksi.

“Hari ini kita agendakan dakwaan kedua terdakwa dengan berkas terpisah, selanjutnya akan kita lanjutkan pekan depan dengan agenda keterangan saksi,” jelas Jaksa Elvina dan Rika usai sidang. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.