DPRD Sumsel Minta Nasib Petani Diperhatikan

Mopran Marjani

Palembang, Sumselupdate.com – Prihatin dengan nasib masyarakat kecil, terutama kalangan petani yang dinilainya masih belum sejahtera, Wakil Ketua DPRD Sumsel yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel Nopran Marjani meminta komitmen pemerintah daerah kabupaten dan kota dan Provinsi untuk memperhatikan nasib petani di Sumsel.

“Saya berkeinginan meningkatkan taraf hidup petani, pedagang kecil, buruh dan kaum kecil lainnya,” kata Nopran, Jumat (1/4).

Bacaan Lainnya

Ia mencontohkan, salah satu langkah yang harus ditempuh pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup petani, dengan memberikan jaminan harga hasil tani. Menurut Nopran, harus ada campur tangan pemerintah untuk merealisasikan itu.

“Pemerintah harus berperan aktif meningkatkan taraf hidup petani, dengan memberikan jaminan harga. Artinya, pemerintah memberikan patokan harga beli, yang kesepakatannya sudah dilakukan di awal masa tanam, kemudian harga tersebut, tidak bergantung dengan hasil panen petani. Namun, penentuan harga beli ini harus melalui perhitungan yang matang. Dengan begini, kehidupan petani pasti bisa bergerak naik,” kata alumni Universitas Sriwijaya (Unsri) ini.

Dikatakan Nopran, petani berbeda dengan pegawai ataupun karyawan yang menerima gaji tetap di setiap bulannya. Mereka hanya mengandalkan hasil tani yang mereka jual.

“PNS mau naik gaji, termasuk DPR, pensiunan, veteran semua mau naik gaji, tetapi setelah 70 tahun merasakan kemerdekaan, petani tidak pernah naik gaji. Artinya, kehidupan mereka ini harus juga diperhatikan, dengan meningkatkan penghasilan mereka,” kata Nopran.

Dengan sisa waktu pengabdiannya sebagai Anggota DPRD Sumsel, Nopran yakin dapat berkontribusi positif untuk petani dan masyarakat kecil lainnya.

“Saya akan tetap menjalankan program sebagai anggota dewan, dengan tetap berorientasi terhadap peningkatakan taraf hidup masyarakat kecil. Selain juga meningkatkan infrastruktur, sosial budaya, irigasi, pariwisata dan kesehatan,” kata Anggota DPRD Sumsel daerah pemilihan (Dapil) VII meliputi Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang ini. (erk)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.