DPPKB OKU Timur Luncurkan Program Pendataan Keluarga

Bupati OKU Timur Lanosin berfoto bersama dengan tim pendataan keluarga dari DPPKB Kabupaten OKU Timur, Kamis (1//4/2021).

Laporan Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten OKU Timur meluncurkan program pendataan keluarga.

Read More

Program ini di-launching di Rumah Dinas Bupati OKU Timur Lanosin, Kamis (1//4/2021).

Pendataan keluarga di Bumi Sebiduk Sehaluan ditandai dengan pendataan yang menyasar kepada keluarga Bupati OKU Timur.

Kepala Dinas DPPKB OKUT Mutmainah didampingi dengan sejumlah staf melakukan pendataan terhadap keluarga Bupati.

“Pagi ini sebagai peluncuran Program Nasional Pendataan Keluarga (2021) secara serentak nasional, kita mengunjungi keluarga Pak Bupati,” katanya yang dibincangi usai kegiatan.

Secara teknis, menurut Mutmainah yang didampingi oleh Nirmala Sari selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, DPPKB OKU Timur, pihaknya memiliki 1.084 kader pendata.

Mereka adalah petugas yang melakukan pendataan di 325 Desa di OKU Timur.

“Mereka nanti akan mengunjungi rumah-rumah penduduk dan melakukan pendataan baik secara online atau pun melalui formulir,” ungkap Mutmainah.

Tujuan pendataan keluarga ini yakni untuk merangkum mengenai data kependudukan, data KB, dan Pembangunan Keluarga.

“Pertanyaan yang diajukan oleh petugas misalnya mengenai jumlah anggota keluarga, berapa anak di dalam rumah tersebut, metode kontrasepsi apa yang dipakai di dalam keluarga, dan mengenai pembangunan keluarga untuk melihat apakah keluarga tersebut masuk golongan prasejahtera atau golongan berapa,” jelas Nirmala Sari.

Terpisah, Bupati OKU Timur Lanosin mengimbau masyarakat untuk memberikan keterangan yang jujur pada petugas pendata keluarga.

Sebab ini berhubungan dengan kebijakan pemerintah di masa mendatang terkait kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

“Kita harus mendukung program 5 tahun sekali ini. Berikan informasi yang sebenarnya. Ini berhubungan dengan kebijakan pemerintah terkait kesehatan dan kesejahteraan keluarga di OKU Timur secara khusus dan nasional pada umumnya,” ujarnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.