Dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di SDN 14 Banyuasin

Jumat, 29 Juli 2022
Kegiatan PkM dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang di SDN 14 Banyuasin I dalam bentuk workshop pembuatan bahan ajar digital dan pemanfaatan platform pembelajaran.

Palembang, Sumselupdate.com – Tiga dosen dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SDN 14 Banyuasin I.

PkM ini dibiayai Direktur Riset, Teknologi, dan PkM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek Sesuai dengan Kontrak PkM tahun anggaran 2022 No 090/E5/R.A.00.PM/2022 tanggal 10 Mei 2022.

Bacaan Lainnya

Kegiatan PkM yang dilaksanakan pada 21 Juli hingga 6 Agustus 2022 dalam bentuk  workshop pembuatan bahan ajar digital dan pemanfaatan platform pembelajaran.

Kegiatan PkM yang dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Universitas PGRI Palembang dan SDN 14 Banyuasin I dihadiri Ketua LPPKM Universitas PGRI Palembang, Dr Rohana, MPd, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Muhrizon, SPd, Kepala SDN 14 Banyuasin I, Budi Rusdiono, SPd, MPd.

 

Kegiatan PkM dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang di SDN 14 Banyuasin I dalam bentuk workshop pembuatan bahan ajar digital dan pemanfaatan platform pembelajaran.

 

Tim PkM yang terdiri dari Murjainah, SPd, MPd, Arief Kuswidyanarko, MPd, Farizal Imansyah, MPd dengan sasaran kegiatan ditujukan kepada guru SDN 14 Banyuasin I yang berjumlah 12 guru terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran.

Dalam kegiatan PkM disampaikan materi berupa pengenalan bahan ajar digital berupa video pembelajaran dan multimedia pembelajaran, dilanjutkan dengan workshop membuat video pembelajaran dan multimedia pembelajaran.

 

Kegiatan PkM dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang di SDN 14 Banyuasin I dalam bentuk workshop pembuatan bahan ajar digital dan pemanfaatan platform pembelajaran.

 

Ketua Tim PkM Murjainah, SPd, MPd berharap setelah guru mengikuti kegiatan ini keterampilannya dapat meningkat dalam membuat bahan ajar digital dan dapat memanfaatkan platform pembelajaran.

Dikatakan Murjainah, dalam PkM seluruh peserta diajarkan bagaimana menyusun garis besar isi materi untuk bahan ajar yang akan didesain serta dapat menyusun skenario untuk video pembelajaran.

Kemudian dilanjutkan dengan merekam video guru dan selanjutnya diedit melalui aplikasi Capcut untuk video pembelajaran.

“Selain itu, guru juga dapat mendesain multimedia pembelajaran dengan menggunakan Ms Power Point,” kata Murjainah.

 

Tim PkM dosen Universitas PGRI Palembang berfoto bersama dengan guru SDN 14 Banyuasin 1.

 

Dikatakan Murjainah, pada kegiatan PKM, para peserta diberikan materi rangkaian kegiatan praktik mengajar dengan memanfaatkan bahan ajar digital dan plaftform pembelajaran.

Setelah guru dapat menyelesaikan video dan multimedia pembelajaran tersebut, selanjutnya memanfaatkan platform pembelajaran berupa google classroom dan Edmodo untuk pembelajaran, yakni dengan memasukkan karya guru berupa video dan multimedia ke dalam pembelajaran.

“Sebelum guru mempraktikkan ke dalam pembelajaran, guru diberikan waktu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, selanjutnya guru memanfaatkan platform pembelajaran tersebut, guru mempraktikkan mengajar ke dalam kelas,” jelasnya.

Selama pelatihan guru didampingi oleh tim PKM dosen dan mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang dalam membuat bahan ajar digital tersebut.

 

Ketua LPPKM Dr. Rohana, MPd menyerahkan cindera mata kepada Kepala SDN 14 Banyuasin I Budi Rusdiono, MPd.

 

“Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan PKM ini sebagai bentuk implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Murjainah. (rel)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.