Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang Beri Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah di SMAN 1 Muara Belida

Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi menyerahkan cindera mata kepada Kepala SMAN 1 Muara Belida Iswahyudi, MPd.

Palembang, Sumselupdate.com – Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan PkM berupa pelatihan menulis artikel ilmiah dengan strategi Picture Prompt ini diikuti 15 guru dan 60 siswa kelas XII SMAN 1 Muara Belida, Muaraenim, Jumat (25/11/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Aswadi Jaya, MM, MPd dengan anggota Asti Veto Mortini, MPd, Hermansyah, MPd, Evi Rosmiyati, MPd, M Ali Akbar Zam, MPd, Marleni, MPd, Etty Pratiwi, MPd serta dibantu tiga orang mahasiswa masing-masing Andika, Dio arie Sanjaya, dan Aulia Sari.

Suasana kegiatan PkM dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang di SMAN I Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (25/11/2020).

PkM yang dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi dihadiri Kepala SMAN 1 Muara Belida Iswahyudi, MPd.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi mewakili pimpinan Universitas PGRI Palembang menyampaikan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Dalam paparannya, Adiguna menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.
Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen.

Suasana kegiatan PkM dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang di SMAN I Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (25/11/2020).

Adiguna menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkan Adiguna, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.
Kepala Sekolah SMAN 1 Muara Belida Iswahyudi, MPd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolah yang dipimpinnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu para guru kami dalam meningkatkan mutu SDM terutama dalam penulisan artikel ilmiah,” katanya.

Sedangkan Ketua Pelaksana Kegiatan, Aswadi Jaya, MM, MPd mengatakan, PkM dosen Prodi Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang menjadi kegiatan rutin dalam satu semester.

Menurutnya, kegiatan PkM ini bertujuan untuk dapat menerapkan pelatihan Bahasa Inggris terpadu yang efektif, untuk meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa Inggris bagi guru dan peserta didik kelas XII SMAN Muara Belida dalam menulis artikel ilmiah.

“Kami berharap dengan adanya PkM ini dapat membantu para guru dan siswa di lingkungan SMAN I Muara Belida dalam meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa Inggris guru dan peserta didik SMAN kelas XII yang ada di Muara Belida dalam hal menulis artikel ilmiah,” harapnya.

Selain itu, pihaknya berharap juga dapat memotivasi peserta didik belajar Bahasa Inggris, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang Bahasa Inggris.

Suasana kegiatan PkM dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang di SMAN I Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (25/11/2020).

“Kami juga berharap, bisa jadi bahan pertimbangan untuk pengambil kebijakan yang terkait dengan peningkatan kualitas siswa, guru, dan karyawan di sekolah masing-masing. Terakhir, kami mengharapkan setelah pelaksanaan pelatihan ini, guru dapat membuat artikel ilmiah yang dapat diterbitkan di jurnal universitas kami,” ungkapnya.

Dalam PkM ini nara sumber pelatihan yakni Aswadi Jaya, MM, MPd menyampaikan materi bertemakan General Technique of Writing dan Component of Writing, Asti Veto Mortini, MPd dengan materi Writing Process, Hermansyah, MPd menyampaikan materi Genre-Based Writing dan Classroom Teaching Technique.

Evi Rosmiyati, MPd dengan materi Teaching Writing with Picture Prompt dan The Advantage of Picture Prompt, M Ali Akbar Zam, MPd menyampaikan materi mengenai Picture Prompt in Wide, dan Marleni, MPd dengan materi Picture Prompt in Writing paper. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.