Disdukcapil Palembang Pastikan Ketersedian Blangko Cukup, Kuota Berdasarkan Permintaan

Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini

Palembang, Sumselupdate.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Palembang memastikan bahwa ketersedian blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) cukup, sehingga pencetakan dapat dilakukan sesuai kebutuhan/permintaan masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini mengatakan, amannya ketersediaan blangko e-KTP karena ketersediaan saat ini tidak lagi terbatas/dibatasi kuotanya.

“Blangko sekarang kita dapat sesuai dengan permintaan yang kita ajukan ke pusat, jadi berapapun jumlah yang dibutuhkan itu yang kita ajukan,” katanya.

Lanjutnya, kecukupan ketersedian blangko dipastikan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil seiring dengan tidak laginya dicetak dan perpanjangan suket, kemudian untuk mengurangi daftar tunggu pencetakan.

Disdukcapil Palembang sendiri, antrean atau daftar cetak e-KTP memang terbilang cukup tinggi, apalagi beberapa waktu lalu kuota blangko e-KTP yang didapat masing-masing kabupaten/kota di seluruh Indonesia hanya 500 keping atau paling banyak 1000 keping setiap bulannya.

“Baru-baru ini kita kembali menerima 20.000 keping blanko e-KTP,  pencetakan kita utamakan dulu yang usia 17 tahun, 17+ atau sudah menikah tapi usia di bawah 17 tahun yang mengajukan pembuatan e-KTP, ” katanya.

Dari data terakhir yang diberikan disdukcapil Palembang, sepanjang tahun ini sudah cukup banyak. “Datanya coba dicek ke bagiannya,” katanya.

Sedangkan untuk masyarakat yang ingin mengurus data admnistrasi, pihaknya tetap mengingatkan kembali soal layanan digital Capil. “Masyarakat cukup akses lewat Whatsapps atau online,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan pencetakan e-KTP,  masyarakat masih banyak yang cukup kesulitan mendapatkan informasi. Karena banyak yang belum tahu walaupun sudah mengakses ke layanan digital yang disediakan.

“Waktu awal kita menghubungi akan langsung masuk balasan yang sudah otomatis, tapi untuk lanjutan, misal kita bertanya, akan lama dibalas,” ungkap salah seorang warga Jalan Dwikora, Cherry. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.