Dinkes PALI Bagikan Tablet Penambah Darah ke Pelajar Putri

Kusmayadi saat memberikan Tablet penambah darah ke salahsatu siswi.

PALI, sumselupdate.com –  Melalui kegiatan Aksi Bergizi di Sekolah, Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, bagikan tablet penambah darah ke siswi di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten PALI, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Gedung Olahraga Kesehatan (Orkes) SMA YKPP Pendopo itu, dihadiri oleh Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang SDM dan Masyarakat, Drs. Kusmayadi, dan sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemkab PALI.

Bacaan Lainnya

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten PALI, dr. Zamir Alvi, SH MHkes melalui Kabid Kesmas, Ernawati mengatakan, kegiatan Aksi Bergizi di Sekolah pada hari ini digelar secara serentak se-Indonesia.

Kegiatan ini juga, sambung Ernawati juga untuk mensosialisasikan tentang bahaya anemia, serta bagaimana untuk mencegahnya.

“Sekaligus juga dilakukan sosialisasi untuk pencegahan stunting sejak dini ke pelajar. Karena, aksi bergizi hari ini berkaitan erat dengan pencegahan stunting,” jelas Ernawati.

Selain kegiatan sosialisasi, dalam kesempatan itu juga dibagikan pil tablet penambah darah ke pelajar perempuan.

“Ada tiga aksi bergizi yang dikenalkan ke para pelajar, yang pertama yaitu minum pil tablet penambah darah satu butir seminggu, kemudian penuhi gizi seimbang dengan makan protein hewani setiap hari, serta terakhir latih fisik dengan olahraga setiap hari,” pungkasnya.

Sementara itu, Kusmayadi dalam keterangannya menjelaskan jika aksi bergizi di sekolah menjadi salahsatu upaya strategis untuk meningkatkan kepatuhan untuk memenuhi gizi serta dalam rangka penurunan angka stunting.

“Karena aksi bergizi di sekolah, berkait erat dengan pencegahan stunting. Oleh karena itu, kepada anak-anak didik, untuk benar-benar memahami dan mengikuti acara dengan seksama,” ujarnya.

Disamping itu, Ia juga mengingatkan kepada peserta didik untuk tidak melakukan pernikahan dini, pergaulan bebas, serta jauhi narkoba.

“Pernikahan dini menjadi salahsatu faktor penyebab terjadinya stunting. Oleh karena itu, cegah stunting itu penting, cegah stunting bikin glowing,” pungkasnya. (ans) 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.