Desa Karta Mulia Gelumbang Runner-up Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2022

Desa Karta Mulia Gelumbang, Runner-up Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2022

Laporan: Syahrial Hadi

Palembang, Sumselupdate.com – Desa Karta Mulia, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim menjadi juara 2 dalam acara Anugerah Pesona Desa Wisata Sumatera Selatan (Sumsel) 2022 yang digelar di Hotel Beston Palembang, Kamis (4/11/2022).

Bacaan Lainnya

Anugerah Pesona Desa Wisata 2022 yang diadakan Pemprov Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel diikuti 35 peserta dari 17 kabupaten/kota Provinsi Sumsel.

Desa Karta Mulia mewakili Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim mendapatkan posisi runner up dalam kategori daya tarik pengunjung.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya, menyebutkankan untuk membuat wisatawan tertarik berkunjung ke desa wisata dengan mengkreasikan keindahan desa dengan mengkeksplorasikan mitos yang didasarkan dari ciri khas daerah setempat.

Menurut Herman Deru, untuk membuat wisata desa, itu dibutuhkan kreasi, inovasi, dan mitos yang harus dibangun. Di mana untuk membuat kreasi pasti membutuhkan biaya seperti waterpark, tempat bermain anak, dan sebagainya.

Dikatakannya, untuk pengemasan mitos atau legenda bisa dilakukan dengan mengeksplorasi kisah lokal desa, yang secara turun menurun diceritakan oleh para leluhur maupun dari adat istiadat desa.

Sementara itu, Kades Karta Mulia Alhadi Haq, SH kepada SumselUpdate.com mengucapkan rasa syukur atas terpilihnya Desa Karta Mulia mendapatkan juara 2 dalam katagori daya tarik pengunjung.

“Terima kasih kepada Kabupaten Muaraenim yang telah mensupport melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Muaraenim,” katanya.

Alhadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pengembangan wisata seperti PLN peduli, Pemerintah Kecamatan Gelumbang, dan seluruh masyarakat Desa Karta Mulia terkhusus kelompok sadar wisata Desa Karta Mulia,.

“Mari bersama-sama kita terus kembangkan wisata Desa menuju ke arah yang lebih baik, lebih indah dan lebih mempesona lagi, sehingga bisa meningkatkan mata pencarian masyarakat desa dan bisa menambah PAD desa. Pemerintah Desa Karta Mulia siap mensupport kegiatan membangun wisata yang ada,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.