Deklarasi Pembentukan ‘Palembang Ulu’, Aman Astra Ramli Didapuk Jadi Ketua Presidium

Deklarasi Pembentukan 'Palembang Ulu'

Laporan Dias Erlangga

Palembang, Sumselupdate.com — Daerah Otonomi Baru (DOB) ‘Palembang Ulu’ resni dideklarasikan. Pada acara deklarasi ini, H Aman Astra Ramli putra mantan Gubernur Sumsel periods 1988-1998, Letjen Purn TNI H Ramli Hasan Basri, ditunjuk jadi Ketua Presidium.

Bacaan Lainnya

Aman diberikan tugas mengawal proses DOB Palembang Ulu oleh Komite Persiapan Pembentukan Palembang Ulu (KP3U).

Seperti yang disampaikan Ketua KP3U, H Vaisol Sandrogi saat deklarasi DOB Palembang Ulu di Gedung DPD RI Jakabaring, Jumat (21/10/2022).

Dimana Aman Astra didapuk untuk mengawal proses DOB Palembang Ulu oleh Komite Persiapan Pembentukan Palembang Ulu (KP3U).

Menurut Vaisol, gagasan pembentukan Palembang Ulu”ini sebetulnya telah dikemukakan saat kota Palembang dipimpin oleh Walikota Palembang, almarhum RA Rivai Tjek Yan.

Bahkan gagasan pembentukan Palembang Ulu itu juga didukung oleh ayah Aman Astra ketika masih menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan dimulai dengan melakukan reklamasi di kawasan Jakabaring.

“Yang jadi hambatan selama ini sulitnya mencari tokoh yang bisa dimajukan sebagai ketua presidium. Yang tentunya tak hanya siap berjuang menyisihkan waktu namun butuh sokongan dana,” sebut Vaisol usai Deklarasi Palembang Ulu.

Menurut Vaisol, untuk merealisasikan DOB Palembang Ulu, 11 tokoh dengan berbagai latar belakang profesi mulai dari politisi, akademisi, seniman hingga perwakilan jurnalis senior dilibatkan sebagai Deklarator Palembang Ulu.

Diantaranya, Kms Khoirul Mukhlis, Kms Anwar Bek, Ibnu Azis,ST,MT serta jurnalis senior Taufik Wijaya.

Vaisol berharap agar Presidium DOB Palembang Ulu ini dapat didukung oleh segenap elemen masyarakat.

“Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Presidium DOB Palembang Ulu, H Ahmad Aman Astra Ramli mengaku menerima amanah dsn mandat yang berat sebagai ketua presidium DOB Palembang Ulu.

“Ini semata-mata niat saya melanjutkan perjuangan dari Pak Ramli. Beliau yang berinisiatif melaksanakan proyek reklamasi Jakabaring. Dilanjutkan dengan para gubernur setelahnya, semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup dari warga yang ada di kawasan Palembang Ulu,” imbuh Aman Astra

Untuk itu, sebagai ketua presidium Aman Astra berharap gagasan DOB Palembang Ulu mendapat dukungan dan masukan dari para tokoh dan elemen masyarakat terutama di wilayah Palembang Ulu.

“Meski sudah labuh kurang lima tahun terakhir usulan pemekaran wilayah di moratorium. Tak lantas menyurutkan langkah dan upaya kita untuk terus berjuang hingga DOB Palembang Ulu ini akan dapat direalisasikan,” tegasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.