Danau Gegas Akan Dijadikan Sentra Pembibitan Ikan Terbesar di Kabupaten Mura

Bupati Mura Ir H Hendra Gunawan
Muarabeliti, Sumselupdate.com – Bupati Musirawas H Hendra Gunawan mewacanakan bendungan danau gegas di Desa Sugih Waras, Kecamatan Suka Karya dijadikan sentra budidaya ikan air tawar terbesar di pulau Sumatera bahkan skala nasional. Menurutnya hal tersebut tinggal menunggu survei dari pihak Dirjen Kementerian, Kamis (25/8).

“Danau Gegas ini sangat berpotensi dalam pengembangan sektor penghasil ikan air tawar, karena secara tempat dan wilayah sangat luas, ditambah keadaan alamnya yang masih belum terjamah,” ujarnya saat menyampaikan sambutan peringatan Hari Lingkungan Hidup di Danau Gegas Kecamatan Sukakarya Kabupaten Mura.

Bacaan Lainnya

Hanya saja kata dia, untuk pengembangannya ke depan pihaknya perlu dukungan dari semua pihak, pasalnya bila hanya mengandalkan Pemkab Mura saja, wacana tersebut tidak bisa berjalan, karena persoalan anggaran yang terbatas

“Bila nanti memang jadi untuk sentra ikan air tawar, kita akan carikan investor untuk membangunnya, kita akan gandeng mereka untuk berinvestor di danau gegas ini,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mewacanakan agar danau gegas menjadi tujuan wisata baru di kabupaten Musirawas, bahkan ia meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk ikut andil dalam melakukan pembangunan.

“Bila perlu nanti di bangun pendopoan seperti di danau aur kecamatan sumber harta, karena majunya sebuah pariwisata juga di dukung oleh pembangunan fasilitas. Bukan tidak mungkin bila fasilitas sudah lengkap, wisatawan baik lokal maupun regional akan berkunjung sendiri,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Mura Bambang Hariadi menyampaikan mendukung sepenuhnya wacana bupati Mura menjadikan Danau Gegas sebagai sentra penghasil ikan terbesar di Sumsel.

“Kalau sentra ikan kita sudah ada, satunya di Desa Babat Kecamatan STL Ulu Trawas, sementara di Danau Gegas baru diusulkan dengan Dirjen Kementerian dan dalam waktu dekat kabarnya mereka akan survei,” ungkapnya.

Selain itu, Dinas Peternakan dan Perikanan juga melepas kurang kurang lebih 5000 benih ikan nila dan 1000 ikan patin yang dilepas langsung oleh Bupati Mura. (Ain)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.